Peningkatan Kemampuan Pemasaran Digital Pada Usaha Kecil Kelurahan Sambirejo-Kecamatan Gayam Sari Kota Semarang

  • D. Santoso Universitas Semarang
  • Indarto Universitas Semarang
  • D N Arum Janie Universitas Semarang
Keywords: pemasaran tradisional, digital marketing, usaha kecil, peningkatan omzed penjualan.

Abstract

Kondisi pandemic covid 19 berdampak pada perkembangan dan kemajuan usaha kecil di Kelurahan Sambirejo-Kcamatan Gayamsari-Kota Semarang mengalami penurunan omzed penjualan bila dibanding pada masa sebelum adanya pandemic covid 19, salah satu sebab selama ini pemesaran yang dilakukan secara off line dengan tatap muka dan cara “word of mouth” sehingga perlu dilakukan pemasaran yang kreatif yang mampun menjangkau wilayah yang luas tetapi tetap menjaga kesehatan. Salah satunya yaitu dengan memanfaatkan digital marketing yang menggunakan HP androit yang sudah mereka miliki.

Metode yang dipergunakan dalam pengabdian kepada masyarakat diberikan dalam dua bentuk. Pertama, metode teoritis yang dituangkan dalam materi pengabdian yang berisi tentang  pentingnya peningkatan kemampuan pemasaran dan sukses bisnis memanfaatkan digital marketing. Kedua, praktek menggunakan HP androit untuk untuk membuat branding, logo, akun sosmed, website. lapak online, konversi penjualan serta dilakukan diskusi , Tanya jawab

Hasil yang diharapkan bagi para pengusaha kecil antara lain mampu meningkatkan pemahaman pemasaran digital , serta memiliki motivasi mencapai  sukses bisnis dengan pemasaran digital serta meningkatkan ketrampilan menggunakan HP Androit untuk kepentingan bisnis,Disamping itu harapannya publikasi ilmiah di jurnal nasional,mampu peningkatan omzet pada mitra yang

bergerak dalam bidang ekonomi,

References

Anonim, Undang-Undang tentang Usaha Mikro,Kecil dan Menengah, No.20 Tahun 2008
Buchori,Alma.2005.Kewirausahaan Untuk Mahasiswa dan Umum. Penerbit Alfabeta. Bandung.
Santoso.Djoko.2016.Gus-Ji-Gang Dalam Praktek Bisnis, Studi Kasus Usaha Bordir Keluarga di Kecamatan Gebog-Kabupaten Kudus Penerbit UKSW. Salatiga
Kolter,Philip.Kartajaya,Herman.Setiawan,Iwan.2020. Marjeting 4.0. Bergerak dari Tradisional ke Digital.PT Gramesia.Jakarta
Rudiantara.2019. Strategi Kewirausahaan Usaha Digital Sebuah Panduan untuk UMKM Startup,dan E-Commerce. Penerbit CFDS
Tjiptono, Fandy , 2006, Strategi Pemasaran, Penerbit Andi, Jogjakarta
Published
2021-02-28