Pembelajaran Game Edukasi 3D untuk Guru TIK Se-Kota Pekanbaru

Keywords: Game Edukasi, 3D, MGMP TIK, Pekanbaru, SMA/SMK

Abstract

Game merupakan sebuah perangkat lunak yang tersusun atas sejumlah logika yang dapat menyelesaikan masalah dengan cara yang runut, tampilan yang menarik, skenario yang menyenangkan, dengan tujuan untuk menghibur pemain. Game saat ini selain bertujuan untuk menghibur, juga menjadi media ajar yang dikemas dalam game edukasi. Game edukasi merupakan salah satu genre game yang tanpa disadari oleh pemain tersebut bahwa dirinya sedang belajar. Sehingga game edukasi dapat menjadi sebuah solusi untuk meningkatkan pengetahuan namun tetap dilakukan dengan menyenangkan, khususnya untuk peserta didik pada level SMA. Dalam mendukung program MGMP TIK SMA/Sederajat Kota Pekanbaru, guru perlu kemampuan untuk membuat sebuah media ajar yang menarik untuk menarik perhatian siswa dalam PBM. Peserta kegiatan ini adalah guru yang tergabung dalam MGMP TIK Pekanbaru. Para guru diajarkan untuk menggunakan tools pembangunan game edukasi yang menarik. Dengan pengetahuan dan pelatihan mengenai pembangunan game ini, terbukti peserta dapat meningkatkan kompetensi serta pengalaman dan kreatifitas khususnya dalam pengembangan game edukasi.

Author Biography

Anggy Trisnadoli, Politeknik Caltex Riau
Jurusan Teknologi Informasi

References

Ariyanto, R. H., & Haq, M. S. (2019). Upaya Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Di Smk Negeri 1 Surabaya. Inspirasi Manajemen Pendidikan Vol 7, No 3.

Hikmatyar, M. (2015). Analisis Pengembangan Game Edukasi “Indonesiaku” Sebagai Pengenalan Warisan Budaya Indonesia Untuk Anak Usia 12-15 Tahun. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat, Vol. 03 No. 01.

Rahman, A. A., & Lakoro, R. (2016). Perancangan Serial Animasi 3 Dimensi “Adri at the Undermouth World” Tentang Kesehatan Gigi untuk Siswa Sekolah Dasar. JURNAL SAINS DAN SENI ITS Vol. 5, No.2.

Sirait, A. (2017). Perancangan Dan Pembuatan Game Edukasi Right Thinking Dengan Mentode Greedy. Jurnal Teknologi Informasi (JrTI) Vol.1, No.2.

Techfor.id. (2020). Diambil kembali dari Technology for Indonesia: https://www.techfor.id/5-tempat-terbaik-untuk-belajar-membuat-game-3d/

Trisnadoli, A., Lestari, I., & Fitrisia, Y. (2018). Rekayasa Kebutuhan Kualitas Perangkat Lunak untuk Peningkatan Nilai Kualitas Game Edukasi berbasis Mobile dengan Tema Pariwisata. Sains dan Teknologi Informasi (SATIN).

Trisnadoli, A., Muslim, I., & Novayani, W. (2015). Software Quality Requirements Analysis on Educational Mobile Game with Tourism Theme. Journal of Software.
Published
2021-02-28
How to Cite
Trisnadoli, A., & Dewi , M. (2021). Pembelajaran Game Edukasi 3D untuk Guru TIK Se-Kota Pekanbaru. J-PEMAS - Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 1-8. Retrieved from http://jurnal.sar.ac.id/index.php/J-PEMAS/article/view/690