Workshop UI/UX Design dan Prototyping dengan Figma di SMK Taruna Masmur Pekanbaru

  • Hadi Asnal STMIK Amik Riau
  • Junadhi STMIK Amik Riau
  • Muhamad Jamaris STMIK Amik Riau
  • Mardainis STMIK Amik Riau
  • Yuda Irawan STMIK Amik Hangtuah Pekanbaru
Keywords: Pelatihan, UI/UX Design, Figma, Mobile Apps

Abstract

Pengabdian ini fokus pada memberikan berkesempatan kepada siswa/i untuk menjadi seorang UI/UX designer yang mampu merancang sebuah produk digital dalam menjawab setiap kebutuhan, baik sisi pengguna maupun pemilik/produsen. Software yang digunakan adalah Figma. Figma adalah editor grafik vektor dan alat pembuatan prototipe yang berbasis web, dengan fitur offline tambahan yang diaktifkan oleh aplikasi desktop untuk macOS dan Windows. Aplikasi pendamping Figma Mirror untuk Android dan iOS memungkinkan melihat prototipe Figma secara real-time di perangkat seluler. Para peserta pelatihan diharapkan mampu membuat user interface yang baik dan rapi menggunakan Figma dan mampu menggunakan Figma Plugins & GUI kits. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah metode pelatihan interaktif. Studi kasus pada pelatihan ini adalah pembuatan merancang Homepage/Sign in/Sign Up, dan Design shopping experience, checkout experience, profile, order history

References

Ardiansyah (2012). Analisis Pengambilan Keputusan Berbasis Personal Finance Information Systems, Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komputasi (SENASTIK) Program Studi Informatika Universitas Trunojoyo Madura, 13-14 November 2012. pp. SI.141- SI.147. ISSN 2302-7088
Ardiansyah, & Sujatmiko, A. (2007). MyFamily Accounting. Indonesia: Dirjen HKI Kemenhukam RI.
Rochim, A. N., Hasbi, M., Irawati, T. (2011), Aplikasi Pengelolaan keuangan pada PT. Jala Prokreasi Surakarta, Surakarta: Sinus
Galitz, WO. 2002. The Essential Guide To User Interface Design: An Introduction To GUI Design Principle and Techniques. Ed ke-2. John Willey & Sons, Inc, Canada.
Garret, James.J. 2011. The Eements of User Experience: User -Centered Design for the Web and Beyond. Ed ke-2. New Riders Publishing, United State of America.
Sauro, jeff. 2011. Measuring Usability with the System Usability Scale (SUS). Available at: http://www.measuring.com/sus/. [15 Oktober 2021]
Sauro, J, & Lewis, J. R (2012). Quantifying the User Experience: Practical Statistics User Research. (S. Elliot, Ed.) (I.). USA: Elsevier.
Bangor, A., Kortum, P., & Miller, J. (2009). Determining What Individual SUS Scores Mean : Adding an Adjective Rating Scale. Journal of Usability Studies, 4(3), 114-123
Published
2022-02-21
How to Cite
Asnal, H., Junadhi, Jamaris, M., Mardainis, & Irawan, Y. (2022). Workshop UI/UX Design dan Prototyping dengan Figma di SMK Taruna Masmur Pekanbaru. J-PEMAS - Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 18-25. https://doi.org/10.33372/j-pemas.v3i1.800