Pelatihan Pemanfaatan Teknologi Digital Untuk Siswa/I SMAN 1 Marangkayu

  • Muhammad Bambang Firdaus Universitas Mulawarman
  • Herman Santoso Pakpahan Universitas Mulawarman
  • Anton Prafanto Universitas Mulawarman
  • Muh Fathir Fahrezah Universitas Mulawarman
Keywords: Teknologi Digital, Sumber Daya Manusia, Komputer, SMAN 1 Marangkayu

Abstract

Seiring berkembangnya zaman di era modern ini, Indonesia termasuk salah satu negara yang memiliki masyarakat yang mayoritas aktif dalam menggunakan internet, tetapi perlu di ketahui bahwa 10% masyarakat di Indonesia belum paham dalam menggunakan internet. Masih banyak wilayah di Indonesia yang mengalami keterlambatan masuknya teknologi, contohnya adalah kecamatan Marangkayu yang berada di Kabupaten kutai kartanegara Provinsi Kalimantan Timur. Maka dari itu melalui kegiatan pengabdian masyarakat ini penulis ingin memberikan pelatihan tentang teknologi di era modern seperti saat ini. Khususnya pada Kecamatan Marangkayu Kabupaten Kutai Kartanegara karena menurut kami masih banyak yang belum mengerti tentang teknologi digital contohnya pengoperasian komputer. Disini Penulis ingin berbagi ilmu dan informasi mengenai teknologi digital khususnya bagi siswa dan siswi di SMAN 1 Marangkayu. Pada pelatihan ini, penulis menargetkan 5 pertemuan dengan materi yang akan dibawakan yaitu mulai dari pengoperasian komputer, pemberian materi mengenai penggunaan aplikasi Microsoft Word, Microsoft Excel, Dan Microsoft Power Point. Dengan pelatihan ini diharapkan para siswa dan siswi bisa mengerti tentang pengoperasian komputer, terlebih dalam pengoperasian aplikasi Microsoft Word, Microsoft Excel, Dan Microsoft Power Point

References

Andriani, Tuti. 2015. “Sistem Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi.” Jurnal Sosial Budaya: 1–6.
Fadli, Muhammad Rijal. 2021. “Hubungan Filsafat Dengan Ilmu Pengetahuan Dan Relevansinya Di Era Revolusi Industri 4.0 (Society 5.0).” Jurnal Filsafat 31(1): 130.

Faidlatul Habibah, Astrid, and Irwansyah Irwansyah. 2021. “Era Masyarakat Informasi Sebagai Dampak Media Baru.” Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis 3(2): 350–63.

Kasma, U. 2019. “Membangun Bisnis Berbasis Teknologi Informasi.” SNPMas: Seminar Nasional Pengabdian pada …: 429–38. https://ejurnal.dipanegara.ac.id/index.php/snpmas/article/view/403.

Pradana. 2015. “Latar Belakang Penelitian Era Revolusi Industri 4.0.” eprints UMS (2): 1–2.

Savitri, Astrid. 2019. “Revolusi Industri 4.0: Mengubah Tantangan Menjadi Peluang Di Era Disrupsi 4.0.” Google Books. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=dSvTDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA9&dq=Perkembangan+teknologi+pada+jaringan+komputer+menyebabkan+peningkatan+pesat+pada+bidang+telekomunikasi+yang+ditandai+dengan+munculnya+internet&ots=XLfJLv2FoZ&sig=vjoeyEr5wuoN6hpir (July 16, 2022).

Setiawan, Daryanto. 2018. “Dampak Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Terhadap Budaya.” JURNAL SIMBOLIKA: Research and Learning in Communication Study 4(1): 62.

Tarantang, Jefry, Annisa Awwaliyah, Maulidia Astuti, and Meidinah Munawaroh. 2019. “Perkembangan Sistem Pembayaran Digital Pada Era Revolusi Industri 4.0 Di Indonesia.” Jurnal Al-Qardh 4(1): 60–75.

Wirawan, Vani. 2020. “Penerapan E-Government Dalam Menyongsong Era Revolusi Industri 4.0 Kontemporer Di Indonesia.” Jurnal Penegakan Hukum dan Keadilan 1(1): 1–16.

Zulfikar, Dimas Ariyanto. 2018. “Pemanfaatan Informasi Teknologi Dalam Upaya Peningkatan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Ilmiah Informatika. http://etheses.iainponorogo.ac.id/5489/1/Dimas Ariyanto Z.pdf.
Published
2023-02-02
How to Cite
Firdaus, M. B., Pakpahan, H. S., Prafanto, A., & Fahrezah, M. F. (2023). Pelatihan Pemanfaatan Teknologi Digital Untuk Siswa/I SMAN 1 Marangkayu. J-PEMAS - Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 01-08. https://doi.org/10.33372/j-pemas.v4i1.842