Sekolah Binaan Berbasis Teknologi Di SMA Negeri 1 Manuhing
Abstract
SMA Negeri 1 Manuhing adalah sekolah binaan berbasis teknologi agar siswa/siswi mengerti dan mengetahui dampak positif atau negatif penggunaan internet dan menggunakan aplikasi teknologi komputer seperti Microsoft Office yaitu Ms.Word dan Ms. Excel kepada siswa–siswi, terutama dalam menyelesaikan tugas dan pekerjaan. Peserta kegiatan ini adalah siswa-siswi kelas 10, 11, dan 12. Kegiatan sekolah binaan mulai dari menjelajah dunia internet, mengetahui dampak negatif dan positif bagi siswa-siswi, dan membuat file (beserta menjelaskan format file seperti docx, mpp, pptx), membuka file, mengetik dasar, menyimpan file, menggunakan mouse (anak panah komputer), hingga pengenalan bagian-bagian dalam komputer (fitur yang ada di sistem operasi). Hasil dari pelatihan komputer ini dapat memberi kemampuan dan pengetahuan dalam usaha untuk membantu menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan oleh guru sekolah, sekaligus memiliki generasi cerdas dan kreatif dalam penggunaan Microsoft Office. Siswa-siswi SMA Negeri 1 Manuhing sudah menyadari pentingnya teknologi, dampak positif dan negatif dalam penerapan teknologi, serta dapat mengoperasikan komputer dan menyelesaikan masalah pekerjaan yang berkaitan dengan Microsoft Office.
References
Bahri, S., Rahayu, M., Sari, D. K., & Simbolon, M. (2020). Analysis Of Information And Communication Technology Literacy Capabilities To The High School Physics Teacher In Merauke. Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Fisika, 6(1), 47–53. Https://Doi.Org/10.30870/Gravity.V6i1.6365
Budiman, H. (2017). Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 75–83. Https://Doi.Org/10.24042/Atjpi.V8i1.2095
Dinata, P. A. C., Suparwoto, S., & Sari, D. K. (2020). Problem-Based Online Learning Assissted By Whatsapp To Facilitate The Scientific Learning Of 2013 Curriculum. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 8(1), 1–11. Https://Doi.Org/10.20527/Bipf.V8i1.7647
Eliana, E. D. S., Senam, Wilujeng, I., & Jumadi. (2016). The Effectiveness Of Project-Based E-Learning To Improve Ict Literacy. Jurnal Pendidikan Ipa Indonesia, 5(1), 51–55. Https://Doi.Org/10.15294/Jpii.V5i1.5789
Erlinda, R., Budiarto, H., & Alamsyah, H. (2018). Pelatihan Microsoft Office Wordbagi Siswa Dan Guru Sekoh Dasar Negeri 62 Bengkulu. Jurnal Padamu Negeri, 1(1), 21–25.
Febrilia, B. R. A., & Setyawati, D. U. (2020). Pelatihan Microsoft Excel Bagi Mahasiswa Calon Guru Universitas Pendidikan Mandalika. Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal, 3(2), 181–186. Https://Doi.Org/10.33330/Jurdimas.V3i2.619
Latip, Abdul. (2020). Peran Literasi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pada Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19. Eduteach : Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 108–116.
Juwariyah, I. (2021). Implementasi Dan Problematika Merdeka Belajar. In A. Wijayanto, A. S. Anggaira, W. I. Bayu, & F. Amiq (Eds.), Implementasi dan Problematika Merdeka Belajar Akademia Pustaka (Vol. 6, Issue 11).
Taslim, Toresa, D., & Putra, P. P. (2021). Pengenalan & Pelatihan Microsoft Office Untuk Anak Panti Asuhan Pajar Imam Azzahra Pekanbaru. J-Coscis : Journal Of Computer Science Community Service, 1(1), 50–55.
Yanto, R., & Guntur, M. (2019). Sistem Pedukung Keputusan Seleksi Proposal Program Penerapan Iptek Bagi Masyarakat. Digital Zone: Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 10(1), 77–87. Https://Doi.Org/10.31849/Digitalzone.V10i1.2617
Copyright (c) 2022 Herman Santoso Pakpahan Herman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.