Sistem Bilangan Organisasi Dan Arsitektur Komputer Pada Siswa Man 2 Pekanbaru

  • Ibnu Surya Politeknik Caltex Riau https://orcid.org/0000-0002-6670-0777
  • Agus Urip Ari Wibowo politeknik Caltex Riau
  • Juni Nurma Sari politeknik Caltex Riau
  • Maksum Rois Adin Saf politeknik Caltex Riau
  • Muhammad Ihsan Zul politeknik Caltex Riau
Keywords: Sistem Bilangan, Siswa X, MAN 2 Pekanbaru

Abstract

Mata pelajaran informatika merupakan salah satu mata pelajaran yang ada dalam kurikulum MAN (Madrasah Aliyah) saat ini. Berdasarkan Keputusan menteri agama nomor 184 tahun 2019 tentang pedoman implementasi kurikulum, Mata pelajaran informatika merupakan mata pelajaran kelompok B yang merupakan kelompok mata pelajaran muatan atau acuannya dikembangkan oleh pusat dan dapat dilengkapi dengan muatan atau konten lokal. Salah satu MAN yang menerapkan mata pelajaran informatika menjadi mata pelajaran pilihan adalah MAN 2 Pekanbaru. Agar mata pelajaran informatika dapat disampaikan secara aplikatif, maka mata pelajaran informatika akan disampaikan atau diampu langsung oleh dosen prodi teknik informatika. Kegiatan ini dilakukan berdasarkan kerja sama yang dilakukan oleh pihak MAN 2 Pekanbaru dan prodi teknik informatika Politeknik Caltex Riau. Berdasarkan kerjasama tersebut, maka Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) yang akan diusulkan yakni memberikan materi mengenai pengenalan system bilangan komputer pada Siswa MAN 2 Pekanbaru, dimana materi ini merupakan salah satu materi wajib di bidang Informatika. Diharapkan dengan PkM ini siswa-siswi mengetahui apa itu system bilangan pada organisasi dan arsitektur komputer serta menambah wawasan mereka.

Author Biographies

Ibnu Surya, Politeknik Caltex Riau

Prodi D4 Teknik Informatika
Politeknik Caltex Riau

Agus Urip Ari Wibowo, politeknik Caltex Riau

Prodi S2 Magister Terapan Teknik Komputer
Politeknik Caltex Riau

Juni Nurma Sari, politeknik Caltex Riau

Prodi S2 Magister Terapan Teknik Komputer

Politeknik Caltex Riau

Maksum Rois Adin Saf, politeknik Caltex Riau

Prodi D4 Teknik Informatika

Politeknik Caltex Riau

Muhammad Ihsan Zul, politeknik Caltex Riau

Prodi D4 Teknik Informatika

Politeknik Caltex Riau

References

R. SETIAWAN, "Memahami 4 Sistem bilangan komputer," 21 11 2020. [Online]. Available: https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel/memahami-4-sistem-bilangan-komputer desimal-biner-oktal-hexadesimal/. [Accessed 07 04 2022].
Keputusan Menteri Agama Nomor 184 Tahun 2019 Tentang Pedoman Implementasi Kurikulum Pada Madrasah.
Published
2022-08-23
How to Cite
Ibnu Surya, Urip Ari Wibowo, A., Nurma Sari, J., Rois Adin Saf, M., & Ihsan Zul, M. (2022). Sistem Bilangan Organisasi Dan Arsitektur Komputer Pada Siswa Man 2 Pekanbaru. J-PEMAS - Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 01-09. https://doi.org/10.33372/j-pemas.v3i2.848