Pelatihan Pembuatan Bahan Ajar Menggunakan Canva Web Bagi Guru SMP Bina Cipta
Abstract
Dunia pendidikan mengalami banyak tantangan dan penyesuaian pelaksanaan sejak pandemi Covid-19 melanda dunia, khususnya Indonesia. Membatasi pertemuan tatap muka, pembelajaran jarak jauh atau melalui media online merupakan salah satu solusi yang diberikan oleh pemerintah. Sejak diterapkannya sistem pembelajaran jarak jauh dan pertemuan tatap muka terbatas di SMP Bina Cipta Palembang ditemukan beberapa kendala yang dihadapi guru, yaitu kurangnya pengetahuan tentang cara membuat bahan ajar yang interaktif dan menarik bagi siswa. Untuk itu, tim dosen Institut Teknologi dan Bisnis PalComTech Palembang melakukan kegiatan pengabdian masyarakat berupa pelatihan. Aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat bahan ajar interaktif dengan desain yang lebih menarik adalah Canva Web. Metode yang digunakan dalam pelatihan tersebut adalah praktik, tanya jawab dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Hasil pelatihan ini 86,5% peserta memahami kegunaan dan fitur aplikasi Canva Web, 81,7% peserta memahami cara membuat bahan ajar menggunakan Canva Web, 98,3% peserta merasa aplikasi Canva Web dapat mempermudah pekerjaan dan meningkatkan efisiensi kerja, 100% peserta menyatakan bahwa pelatihan ini bermanfaat dan menyenangkan, dan 100% peserta merasa materi yang disampaikan adalah ilmu baru dan relevan dengan pekerjaan saat ini
References
Dwi Retnawati. (2021, May 21). Analisis Survei Cepat Pembelajaran dari Rumah dalam Masa Pencegahan COVID-19. Http://Repositori.Kemdikbud.Go.Id/.
Faisal, Muh., Hotimah, Nurhaedah, AP, N., & Khaerunnisa. (2020). Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar dalam Mengembangkan Bahan Ajar Digital di Kabupaten Gowa. Jurnal Publikasi Pendidikan, 10(3).
Irsan, I., G, A. L. Nurmaya., Pertiwi, A., & R, F. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Inovatif Menggunakan Canva. Jurnal Abdidas, 2(6). https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i6.498
Nasution, M. K. (2017). Penggunaan metode pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar siswa. STUDIA DIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(1).
Nurhayati, S., Wicaksono, M. F., Lubis, R., Rahmatya, M. D., & Hidayat, H. (2020). Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Pembelajaran Daring Dengan Memanfaatkan Teknologi Informasi Bagi Guru SMA Negeri 5 Cimahi Bandung. Indonesian Community Service and Empowerment (IComSE), 1(2). https://doi.org/10.34010/icomse.v1i2.3878
Ririn Humaera, R. (2020). Kinerja Guru dalam Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar Negeri 06 Balai-Balai pada Masa Covid-19. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 10.
Shodiq, S. (2021). Peran Sistem Informasi dan Teknologi Informasi terhadap Proses Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Edukasi, 8(1). https://doi.org/10.19184/jukasi.v8i1.23968
Tiawan, Musawarman, Sakinah, L., Rahmawati, N., & Salman, H. (2020). PELATIHAN DESAIN GRAFIS MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA TINGKAT SMK DI SMKN 1 GUNUNG PUTRI BOGOR. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4). https://doi.org/10.31949/jb.v1i4.417
Wijaya, I. G. N. S., Ciptahadi, K. G. O., Ayuningsih, N. P. M., Yasa, I. G. D., & Adnyani, N. K. E. P. (2021). PELATIHAN MEDIA PEMBELAJARAN CANVA BAGI GURU SDN TULANGAMPIANG DENPASAR DI MASA PANDEMI COVID-19. INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian, 5(2). https://doi.org/10.36841/integritas.v5i2.1143
Copyright (c) 2022 Yesi Sriyeni, Wiza Yunifa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.