Optimalisasi Penggunaan Microsoft Powerpoint Guna Mendukung Keahlian Siswa Magang Di Stmik Amik Riau

  • Junadhi STMIK Amik Riau
  • Agustin STMIK Amik Riau
  • Edwar Ali STMIK Amik Riau
  • Susanti STMIK Amik Riau
  • Herwin STMIK Amik Riau
Keywords: Magang, Optimalisasi, Keahlian, Microsoft PowerPoint

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini bertujuan melatih para siswa untuk membuat media pembelajaran berbasis powerpoint. Sehingga dapat dimanfaatkan dalam proses presentasi laporan di sekolah. Metode yang digunakan adalah action research (Penelitian tindakan) yang terdiri dari 4 (empat) langkah, yaitu: analisa awal, proses persiapan, proses pelaksanaan dan penutup. Adapun mitra dari kegiatan PKM ini adalah para siswa/siswi yang melaksanakan kerja praktik di STMIK Amik Riau sebanyak 20 orang dan kegiatan pengabdian ini dilaksanakan selama 2 (dua) hari. Adapun topik materi yang diberikan kepada siswa meliputi cara mengaktifkan/membuka dan menutup aplikasi Ms. PowerPoint; membuat file baru, teknik penggunaan warna, mengubah warna background, menambahkan tabel, gambar, video, sound dan menggunakan efek dalam presentasi; serta mencetak slide, note page, dan handout.  Hasil yang diperoleh dari kegiatan PKM ini yaitu sebanyak 83% dari jumlah siswa sebagai peserta telah mampu membuat media presentasi berbasis powerpoint secara tuntas. Dengan demikian bisa ditarik kesimpulan bahwa kegiatan ini dapat memberikan dampak yang baik karena peserta (siswa) telah mampu meningkatkan hardskill untuk mengoperasikan laptop atau komputer diantaranya bisa membuat media pembelajaran berbasis powerpoint. Sehingga media pembelajaran yang telah dibuat tersebut dapat digunakan dalam kegiatan keperluan di sekolah.

References

Angkowo, R & Kosasih, A. (2007). Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta : PT. Grasindo.
Arsyad, Azhar. (2014). Media Pengajaran. Rajawali Pers, Jakarta.
Asnawir dan Usman, B. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta:Ciputat Press.
Djamarah, syaiful bahri (2008). Psikologi belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Deda, Y.N. & Disnawati, H. 2019. Workshop Media Animasi Untuk Meningkatkan Kreativitas Guru Di Kelurahan Kefamenanu Tengah. Ethos: Jurnal Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 7(1):70-76.
Dias K, S.P. Magdalena, R. Aditya, F. Setiawan, A. Christopher M, G. 2019. Pelatihan Pembuatan Presentasi dengan Ms Office Power Point Bagi Masyarakat Desa Sampora. Available:http://Ejournal.Atmajaya.Ac.Id/Index.Php/Sabdamas/Article/View/1050/546.
Elpira, N & Ghufron, A. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Powerpoint Terhadap Minat Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD, Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan Vol. 2 , No 1. (94-104) p-ISSN: 2407-0963 e-ISSN: 2460-7177.
Fuad, J & Permatasari, A.D. (2019) Pemanfatan Media Slide Powerpoint Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran, el Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, Volume 1, Nomor 1.
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. 2016. Rencana Strategis Pengabdian Pada Masyarakat. Kefamenanu: Universitas Timor.
Faelasofi, R. Penggunaan Media Pembelajaran Microsoft Office PowerPoint Pada Pokok Bahasan Peluang. Jurnal E-DuMath Vol.1 No.1. Januari 2015. Hal. 17-29.
Sudaryono, Elmanda, V., Purba, A. E., Ayu
Sanjaya, Y. P., & Julianingsih, D. (2022). Efektivitas Program Magang Siswa SMK di Kota Serang Dengan Menggunakan Metode CIPP di Era Adaptasi New Normal Pandemi Covid19. ADI Bisnis Digital Interdisiplin Jurnal, 3(1), 5–15. https://doi.org/10.34306/abdi.v3i1.565.
Sariningsih, Sarwi. (2017). Penerapan Presentasi Power Point Dalam Menunjang Keberhasilan Guru Mengajar IPS Sehingga Dapat Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. BIORMATIKA: Jurnal Ilmiah FKIP Universitas Subang Vol. 3 No 2. ISSN (p) 2461-3961 (e) 2580-6335.
Widada, HR (2010). Cara mudah desain presentasi dengan Power Point 2007. Yogyakarta: Cakrawala.
Published
2023-08-30
How to Cite
Junadhi, Agustin, Edwar Ali, Susanti, & Herwin. (2023). Optimalisasi Penggunaan Microsoft Powerpoint Guna Mendukung Keahlian Siswa Magang Di Stmik Amik Riau. J-PEMAS - Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 18-24. https://doi.org/10.33372/j-pemas.v4i2.938