Pemanfaatan IT Dalam Peningkatan Kompetensi Pengembangan Bahan Ajar Studi Kasus: SMKS Teknologi Industri Pinggir

  • Darmansah institut teknologi mitra gama
  • Budy Satria Institut Teknologi Mitra Gama
  • Leonard Tambunan Institut Teknologi Mitra Gama
  • Tomy Nanda Putra Institut Teknologi Mitra Gama
Keywords: IT Kompetensi Bahan Ajar Vidio Pelatihan

Abstract

Teknologi sudah menjadi hal yang sangat penting saat ini di indonesia. Teknologi sudah berkembang di semua aspek ke hidupan, tidak hanya dalam aspek social, budaya dan bisnis, tetapi juga dalam berbagai aspek lainnya, seperti dalam aspek pemerintahan dan Pendidikan. Dalam aspek Pendidikan Teknologi perperan penting dalam upaya menciptakan metode metode pembelajaran yang inovatif. Seperti pembuatan video, audio dan animasi dalam penyampakan pembelajaran oleh pendidik. SMKS Teknologi Industri Pinggir salah satu lembaga Pendidikan yang saat ini belum memaksimalkan menerapkan IT dalam proses pembuatan media pembelajaran. Pembelajaran saat ini dilakukan dengan cara menyampaikan materi ajar ke peserta didik dengan cara membacakan materi atau dengan cara ceramah. Oleh karena itu diadakan pelatihan dalam program pengabdian kepada masyarakat oleh tim dosen Institut Teknologi Mitra Gama. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah menggunakan metode ceramah, diskusi dan praktek pembuatan media pembelajaran inovatif yang menggunakan Teknologi Informasi. Dengan dilakukan pelatihan ini para pendidik dapat lebih memaksimalkan kompetensi didalam membuat media pembelajaran yang kreatif dan inovatif dimasa yang akan datang guna untuk memaksimalkan potensi siswa dalam belajar. Dalam kegiataan ini didapat hasilnya adalah para pendidik tertarik dan bisa mengikuti pelatihan dengan baik dibutikan dengan hasil survei kepuasan mencapai 98%

References

Anggraeni, Sri Wulan, Yayan Alpian, Depi Prihamdani, and Euis Winarsih. 2021. “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Video Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar [Development of Video-Based Interactive Learning Multimedia to Increase Learning Interest of Elementary School Students].” Jurnal Basicedu 5(6): 5313–27.
Bacsafra, Marcel Agustine, and Dwi Mustika Kusumawardani. 2022. “Pengembangan Sistem Informasi Badan Pusat Statistik Kabupaten Kuningan Berbasis Android Dengan Metode Prototype.” 6: 379–90.
Budy Satria, Leonard Tambunan, Teuku Radillah, and Yessi Ratna Sari. 2022. “Pelatihan Pembuatan Konten Video Kreatif Menggunakan Filmora 10 Di STAI Hubbulwathan Duri.” J-PEMAS - Jurnal Pengabdian Masyarakat 3(1): 26–33.
Cahyaningtias, Veranda Putri, and Mochamad Ridwan. 2021. “Efektivitas Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Motivasi.” Riyadhoh : Jurnal Pendidikan Olahraga 4(2): 55.
CANDRA. 2013. “Pengertian, Tujuan, Metode Dan Ruang Lingkup Filsafat Pendidikan.” Educatioanl Journal: General and Specific Research Vol.2(3): 433–44.
Darmansah, Wardani, Ni Wayan, M Yoka Fathoni, and Face Recognition. 2021. “Perancangan Absensi Berbasis Face Recognition Pada Desa Sokaraja Lor Menggunakan Platform Android 1,3.” 8(1).
Fatimah, Waddi et al. 2022. “Media Pembelajaran Audio Visual Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar IPS Masa Pandemi.” Jurnal Basicedu 6(6): 9325–32. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.3287.
Firdaus, Muhammad Bambang, Herman Santoso Pakpahan, Anton Prafanto, and Muh Fathir Fahrezah. 2022. “PELATIHAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI DIGITAL UNTUK SISWA / I SMAN 1 MARANGKAYU.”
Mahmudah, Anis, and Adeng Pustikaningsih. 2019. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Lectora Inspire Pada Materi Jurnal Penyesuaian Untuk Siswa Kelas X Akuntansi Dan Keuangan Lembaga Smk Negeri 1 Tempel Tahun Ajaran 2018/2019.” Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia 17(1): 97–111.
Meidyanti, Wahyu Eka, Sri Kantun, Tiara, and Bambang Sutrisno. 2018. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pada Materi Pokok Jurnal Khusus Untuk Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Jember.” Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan Ilmu Sosial 12(1): 123–29. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/view/20273.
Nadzif, Muhammad, Yudha Irhasyuarna, and Sauqina Sauqina. 2022. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif IPA Berbasis Articulate Storyline Pada Materi Sistem Tata Surya SMP.” JUPEIS : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial 1(3): 17–27.
Sa’diyah. 2020. “Metode Pembelajaran Aktif Dan Kreatif Pada Madrasah Diniyah Takmiliyah Di Kota Bogor.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 9(01): 73–74.
Selsabila, Viola, and Puri Pramudiani. 2022. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Articulate Storyline Berbasis Literasi Digital Pada Pembelajaran IPS Bagi Siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri.” Jurnal Paedagogy 9(3): 458.
Wardhani, Milla Sulistya, Petrus Bayu Prasetyo, Natalina Premastuti Brataningrum, and Latifah Hanum. 2022. “Hubungan Penerapan Media Pembelajaran E-Learning, Metode Pembelajaran Berbasis Penugasan, Dan Peran Orang Tua Dengan Hasil Belajar Siswa Dalam Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Akuntansi 15(2): 13–26.
Widjayanti, Wigita Rezky, Titin Masfingatin, and Reza Kusuma Setyansah. 2018. “Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Animasi Pada Materi Statistika Untuk Siswa Kelas 7 Smp.” Jurnal Pendidikan Matematika 13(1): 101–12.
Yantik, Fani, Suttrisno Suttrisno, and Wiyanto Wiryanto. 2022. “Desain Media Pembelajaran Flash Card Math Dengan Strategi Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Himpunan.” Jurnal Basicedu 6(3): 3420–27.
Yuliany. 2022. “Pendekatan Dan Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” al-Afkar, Journal for Islamic Studies 5(1): 137–53.
Published
2023-01-25
How to Cite
Darmansah, Satria , B., Tambunan , L., & Nanda Putra , T. (2023). Pemanfaatan IT Dalam Peningkatan Kompetensi Pengembangan Bahan Ajar Studi Kasus: SMKS Teknologi Industri Pinggir. J-PEMAS - Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 23-30. https://doi.org/10.33372/j-pemas.v4i1.942