Penerapan Metode Design Thinking Pada Perancangan UI/UX Aplikasi Layanan Masyarakat Kecamatan Rupat

  • Yoyon Efendi STMIK Amik Riau
  • M. Agustian Reyza Novris STMIK Amik Riau
  • Dwi Haryono STMIK Amik Riau
  • T.Sy Eiva Fatdha STMIK Amik Riau
Keywords: Layanan Masyarakat, UI/UX, Design Thinking, Prototype, System Usability Scale

Abstract

Kehidupan bermasyarakat membutuhkan pelayanan untuk memudahkan masyarakat menyampaikan keluhan yang ada pada lingkungan disekitarnya. Penyampaian informasi yang tidak merata menyebabkan masyarakat kesulitan untuk mendapatkan informasi yang berkaitan dengan permasalahan dalam lingkungan. Akses jalan menjadi salah satu permasalahan yang sering terjadi di kehidupan bermasyarakat sehingga masyarakat menjadi kesulitan dalam melakukan pengaduan. Tidak meratanya pembangunan infrastruktur membuat aktivitas dalam lingkungan bermasyarakat terganggu seperti infrastruktur jalan dan jembatan, pengolahan sampah hingga fasilitas sarana dan prasarana olahraga serta kesenian. Berdasarkan permasalahan diatas dapat disimpulkan bahwa masyarakat membutuhkan sebuah layanan yang dapat membantu menyampaikan keluhan dan aduan masyarakat dengan mudah dan cepat menggunakan aplikasi layanan masyarakat kapan saja dan dimana saja. Metode yang digunakan dalam pembuatan aplikasi ini adalah metode Design Thinking. Hasil dari penelitian ini adalah prototype UI/UX aplikasi layanan masyarakat yang dapat memudahkan masyarakat dalam melakukan pengaduan dan memperoleh informasi mengenai permasalahan yang ada pada lingkungan bermasyarakat. Hasil penelitian berupa prototype UI/UX aplikasi layanan masyarakat ini diberikan kepada calon user untuk dilakukan pengujian menggunakan System Usability Scale (SUS) terhadap tingkat kelayakkan dari penggunaan prototype UI/UX aplikasi dan memperoleh skor SUS yaitu 91,15 dengan kategori Best Imaginable.

References

Angela, L., & Erandaru. (2022). Studi Perbandingan Teori dan Praktek Proses Perancangan UI/UX di Aryanna. 1–10.
Cahyono, A. S. (2020). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat Di Indonesia. 5(2), 140–157. https://doi.org/10.32923/asy.v5i2.1586
Dhiaulhaq, A. Z., Fauzi, R., & Pramesti, D. (2022). Perancangan Desain Aplikasi Layanan Hukum pada Startup Halo Law Menggunakan Metode Design Thinking dan Scrum. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5), 3343–3361. https://core.ac.uk/download/pdf/322599509.pdf
Firdausi, F. A., & Ramadhani, S. (2020). Pengembangan Aplikasi Online Public Access Catalog (Opac) Perpustakaan Berbasis Mobile Pada STAI Auliaurrasyidin. Jurnal Intra Tech, 4(2), 11–25.
Muhyidin, M. A., Sulhan, M. A., & Sevtiana, A. (2020). Perancangan UI/UX Aplikasi My CIC Layanan Informasi Akademik Mahasiswa Menggunakan Aplikasi Figma. Jurnal Digit, 10(2), 208–219. https://my.cic.ac.id/.
Mursyidah, A., Aknuranda, I., & Muslimah Az-Zahra, H. (2019). Perancangan Antarmuka Pengguna Sistem Informasi Prosedur Pelayanan Umum Menggunakan Metode Design Thinking (Studi Kasus: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(4), 3931–3938. http://j-ptiik.ub.ac.id
Muzawi, R., Efendi, Y., & Agustin, W. (2018). Sistem Pengendalian Lampu Berbasis Web dan Mobile. SATIN - Sains Dan Teknologi Informasi, 4(1), 29–35.
Novris, M. A. R., Jaya, N. Y., & Junadhi. (2022). Penerapan Metode Design Sprint Dalam Perancangan UI/UX Aplikasi Pengingat Sarapan. SATIN - Sains Dan Teknologi Informasi, 8(2), 152–161. https://doi.org/10.33372/stn.v8i2.892
Pratama, Y. H., Sudarmaji, & Irawan, D. (2022). Perancangan Sistem Informasi Layanan Masyarakat pada Kecamatan Seputih Banyak Kabupaten Lampung Tengah Berbasis Web. Jurnal Mahasiswa Ilmu Komputer (JMIK), 03(01), 273–277.
Razi, A. A., Mutiaz, I. R., & Setiawan, P. (2018). Penerapan Metode Design Thinking Pada Model Perancangan UI/UX Aplikasi Penanganan Laporan Kehilangan dan Temuan Barang Tercecer. Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain Dan Periklanan (Demandia), 3(02), 75–93. https://doi.org/10.25124/demandia.v3i02.1549
Ulfada, E., Nurfiana, N., & Handayani, R. D. (2022). Perancangan Desain UI/UX pada Implementasi Sistem Kontrol Smart Farming Berbasis Internet of Things (IoT). Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 145–155. https://otomasi.sv.ugm.ac.id/2018/06/02
Wibowo, A. A., & Kertati, I. (2022). Reformasi Birokrasi Dan Pelayanan Publik. Public Service and Governance Journal, 03(01), 1–12.
Published
2024-07-13
How to Cite
Yoyon Efendi, Novris, M. A. R., Haryono, D., & Fatdha, T. E. (2024). Penerapan Metode Design Thinking Pada Perancangan UI/UX Aplikasi Layanan Masyarakat Kecamatan Rupat. SATIN - Sains Dan Teknologi Informasi, 10(1), 201-210. https://doi.org/10.33372/stn.v10i1.1055