Penerapan Teknologi Multimedia dalam Marketing Perguruan Tinggi Swasta

  • Mardainis - Teknik Informatika, STMIK Amik Riau
Keywords: marketing, tool, mutimedia, drone.

Abstract

Semakin banyak berdirinya perguruan tinggi swasta di Indonesia membuat persaingan antar perguruan tinggi semakin ketat. Untuk itu masingmasing perguruan tinggi harus mampu menunjukkan keunggulannya masing-masing. Perguruan tinggi harus melengkapi sarana dan prasarana untuk proses belajar dan mengajar. Seluruh keunggulan perguruan tinggi harus dapat disampaikan ke masyarakat untuk dapat menarik minat calon mahasiswa mendaftar di perguruan tinggi tersebut. Perguruan tinggi harus memiliki tim marketing yang handal dan kreatif. Harus punya inovasi-inovasi baru dalam menyampaikan informasi ke masyarakat. Bagian marketing harus punya tool yang digunakan dalam promosi seperti spanduk, baliho, brosur maupun video. Pemakaian tool tersebut tidak lepas dari kemampuan dan peran bagian multimedia dalam mendesain dan membuatnya. Pemasangan spanduk, baliho dan pembagian brosur sudah dilakukan hampir semua perguruan tinggi swasta yang ada dengan desain yang menarik. Namun dalam perkembangan saat ini penggunaan video juga mulai diminati untuk membuat profile perguruan tinggi swasta dan ini belum semua perguruan tinggi melakukannya. Pembuatan video bisa dilakukan dengan menggabungkan beberapa foto yang sudah diseleksi maupun pengambilan gambar video secara langsung. Pengambilan video bukan hanya didarat maupun diambil dari atas dengan menggunakan drone sehingga dapat mengambil gambar lebih luas. Pendistribusian video agar sampai ke masyarakat bisa disebarkan melalui sosial media seperti facebook atau menggunakan media promosi berupa TV Media yang sudah ada ditengah kota Pekanbaru.

How to Cite
-, M. (1). Penerapan Teknologi Multimedia dalam Marketing Perguruan Tinggi Swasta. SATIN - Sains Dan Teknologi Informasi, 1(2), 90-96. https://doi.org/10.33372/stn.v1i2.111