Aplikasi Mobile Android untuk Pemasaran Perumahan Menggunakan Metode Markerless Augmented Reality pada PT. Alifa Citra Mulia

  • Taupik Hidayat Jurusan Teknik Informatika
  • Nurjayadi - Jurusan Teknik Informatika
Keywords: Augmented reality (AR), animasi 3D, Markerless

Abstract

Augmented reality (AR) adalah sebuah istilah untuk lingkungan yang menggabungkan antara dunia nyata dengan dunia virtual, merupakan suatu terobosan yang sangat berguna dan dapat diterapkan pada perangkat mobile berbasis Android untuk menampilkan animasi 3D. Dengan teknologi augmented reality brosur biasa yang digunakan sebagai media penjualan dapat dijadikan media penjualan yang lebih interaktif dikarenakan kombinasi sistem Augmented Reality dengan media cetak (brosur) akan memberikan nilai lebih dibandingkan dengan sesuatu yang hanya dicetak saja atau konten digital saja. Dalam tugas akhir ini pengujian yang dilakukan pada aplikasi ARbrosur yaitu pengujian pengaruh cahaya terhadap munculnya objek animasi 3D Model yang dihasilkan berupa objek animasi 3D dan animasi seperti material atau gambar perumahan yang akan di buat. Penelitian ini bertujuan untuk membangun aplikasi program yang menghasilkan 3D perumahan. Di harapkan keberadaan program aplikasi  ini dapat memberikan pelayanan yang lebih baik dalam proses penjualan atau pemasaran perumahan. Agar hasil akhir dapat diperoleh, maka dilakukan, pengumpulan data, analis sistem, desain program, coding dan implementasi.Di harapkan keberadaan aplikasi ini mempermudah pemasaran atau pejualan perumahan pada PT. Alifa Citra Mulia.

References

Fernando, Mario. Memebuat Aplikasi Android augmented Reality Mengunakan Vuforia SDK dan Unity, Buku AR Online, Manado, 2013.

Azuma,R (1997). “A Survey of Augmented Realityâ€. Presence: Teleoperators and Virtual Envirements (4) : 355-385.

Pramono, Ardi Basworo. ,2012, Desain dan Implementasi Augmented Reality Berbasis Web Pada Aplikasi Furniture Shopping Sebagai Alat Bantu Belanja Online. Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi Universitas Semarang. Volume 10, No. 1, Juli 2012 : 26–33.

Li, Chunghan, dkk. , 2013, Augmented Reality On Android. Word Academy Of Science, Engineering And Technology. International journal of Computer, Information, Systems And Control Engineering Vol:7 No: 10, 2013.

Riski, Yoze. , 2012, Markerless Augmented Reality pada perangkat Android. Teknik Elektro. ITS Surabaya.

Supardi, Yuniar. , 2014, Semua Bisa Menjadi Programer Andorid Case Study. Jakarta: PT Gramedia.

How to Cite
Hidayat, T., & -, N. (1). Aplikasi Mobile Android untuk Pemasaran Perumahan Menggunakan Metode Markerless Augmented Reality pada PT. Alifa Citra Mulia. SATIN - Sains Dan Teknologi Informasi, 1(1), 47-54. https://doi.org/10.33372/stn.v1i1.12