Aplikasi Perpustakaan Tiga Dimensi (3D) Menggunakan Teknologi WebGL

  • Nuzul Fahmi Jurusan Teknik Informatika STMIK-Amik Riau
  • T Sy Eiva Fatdha Jurusan Teknik Informatika STMIK-Amik Riau
Keywords: Aplikasi, Perpustakaan, Tiga Dimensi, WebGL

Abstract

Perpustakaan adalah institusi yang mengumpulkan pengetahuan  tercetak  dan  terekam,  dan  salah  satu cara yang inovatif di era teknologi modern seperti saat ini  adalah  e-library.E-library  .Namun  sering  kali interaksi yang terjadi antara pengguna dan fasilitas  elibrary itu monoton dan terkesan membosankan karena desain  user  interface(UI)  yang  sudah  umum  dan kurang interaktif  ,agar e-library yang akan dirancang ini bisa memuaskan pengguna dan menarik pengguna yang  baru  adalah  dengan  mendesain  UI  yang interaktif  menggunakan  animasi  dan  objek  tiga dimensi    (3D).  WebGL  yang  sama  sekali    tidak membutuhkan  program  bantuan  agar  bisa  berjalan dengan    lancar pada web browser. Selain itu, WebGL juga ditulis menggunakan bahasa scripting yang sudah sangat  dikenal  oleh  para  pengembang  pemrograman web yaitu Javascript. Sehingga, pengembang web tidak perlu mempelajari bahasa scripting lain dan bisa lebih fokus dengan tujuan.

References

Legowo, A. I. (2015). Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Website Dengan Menggunakan Barcode Scanner Pada.

Nugroho, Adi. (2010). Rekayasa Perangkat Lunak Beroerintasi Objek, Penerbit Andi.

Rahmad, B., & Purnama, B. E. (2013). Rancangan Pembangunan Web E-Library Pada Perpustakaan Aptikom Indonesia Berbasis Web. Seminar Riset Unggulan Nasional Informatika Dan Komputer FTI UNSA 2013, 2(1), 60–68.

Utama, M. R. (2014). Pembangunan Peta Kampus 3D Universitas Komputer Indonesia Berbasis Komputer. Jurnal Ilmiah Komputer & Informatika.

Wahono. (1998).Perancangan Desain Tiga Dimensi, Andi, Jakarta

W.Ambler, S. (2005). The Element of UML 2.0. Cambradge University Press.

Wiryawan, M. (2011). User Experience (Ux) Sebagai Bagian Dari Pemikiran Desain Dalam Pendidikan Tinggi Desain Komunikasi Visual.

Humaniora, 2(2), 1158–1166. Retrieved from

http://en.wikipedia.org/wiki/User_experience#cite_ref-1.

How to Cite
Fahmi, N., & Fatdha, T. S. E. (1). Aplikasi Perpustakaan Tiga Dimensi (3D) Menggunakan Teknologi WebGL. SATIN - Sains Dan Teknologi Informasi, 2(1), 66-72. https://doi.org/10.33372/stn.v2i1.128