Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) untuk Solusi Kompleksitas Manajemen Data dan Informasi di Perguruan Tinggi

  • Edwar Ali Jurusan STMIK Amik Riau
  • Susandri - Jurusan STMIK Amik Riau
  • Rahmaddeni -- Jurusan STMIK Amik Riau
Keywords: manajemen, data, informasi, akademik

Abstract

Bagi suatu perguruan tinggi keberadaan sistem informasi elektronik tidak hanya memegang peranan yang sangat strategis dalam menghasilkan sumber daya informasi yang berkualitas,akan tetapi juga sebagai unsur pembangun. Integrasi berbagai data dan informasi yang ada akan menjadi isu sentral dalam melakukan berbagai perencanaan/antisipasi dan pengendalian bagi manajerial.Hal ini sangat diperlukan untuk melakukan melakukan justifikasi kebijakan-kebijakan pada tingkat nasional. Tanpa didukung sistem informasi yang handal, akan sulit bagi berbagai unsur terkait untuk melakukan antisipasi maupun perencanaan dan pengembangan untuk jangka panjang.Sistem akademik adalah sistem yang wajib dimiliki oleh setiap perguruan tinggi. Tingkat kompleksitas dan kemajemukan kepentingan dalam manajemen perguruan tinggi akan lebih mudah jika sistem terbagi dalam beberapa subsistem di mana masing-masingnya terfokus hanya pada satu kepentingan.Apabila proses makin kompleks, yang biasanya setara dengan banyaknya mahasiswa yang dikelola, maka akan dibutuhkan pengelolaan sistem akademik yang lebih komprehensif, di mana informasi dikelola dengan lebih teratur, sistematik, diikuti dengan prosedur dan aturan yang standar. Sistem seperti ini akan berkembang menjadi sistem informasi akademik.

References

McLeod, Raymod, 1995, Management Information System, Prentice Hall, Inc., USA

Nazir, Mohd., Metode Penelitian, Ghalia Indonesia, Jakarta, 1988.

Ali, Edwar, 2014, Rancangan Web E-Learning Sebagai Media Pendukung Proses Pembelajaran, SATIN, Vol. 3 No. 2, pp 1-8.

Ali, Edwar, 2014, Manajemen Sistem Data dan Informasi dalam Penyelenggaraan Pendidikan Pada Perguruan Tinggi, SATIN, pp 85-89.

Cholac, Paul M., dan Simon, 1991, HRIS Asks, Who’s the boss ?, Journal 70: 74-76.