Eksperimen Pengukuran Parameter RSSI dan Throughput Protokol ZigBee pada Perangkat XBee Seri 2

  • I Nyoman Rudy Hendrawan STMIK STIKOM Bali
  • I Gusti Ngurah Wikranta Arsa STMIK STIKOM Bali
Keywords: RSSI, Throughput, ZigBee, XBee

Abstract

ZigBee adalah implementasi dari standar IEEE 802.15.4. XBee adalah perangkat keras yang menggunakan protokol ZigBee, salah satunya adalah XBee Seri 2. Pada penelitian ini dilakukan suatu eksperimen untuk mengukur parameter RSSI Receive Signal Strength Indicator) dan Throughput pada perangkat komunikasi XBee dengan protokol ZigBee. Pengukuran untuk parameter RSSI dilakukan dengan bantuan perangkat lunak XCTU, pengukuran parameter RSSI dilakukan berdasarkan tiga skenario yaitu dengan memberikan beban paket data kepada node sebesar 100, 250, hingga 500 paket data. Ukuran per paket data sebesar 84 Bytes, dimana ukuran tersebut adalah ukuran maksimum paket data yang dapat dikirimkan oleh perangkat XBee. Rata-rata RSSI pada semua skenario mencapai -41,6 dBm. Pengukuran parameter Throughput juga dilakukan dengan bantuan perangkat lunak XCTU dengan ukuran paket data 84 Bytes. Tetapi dengan jumlah paket data sebesar 500, 1000, hingga 2000 untuk setiap skenarionya. Hasil pengukuran menunjukkan bahwa rata-rata Throughput untuk semua skenario adalah sebesar 2,59 kbps.

Author Biographies

I Nyoman Rudy Hendrawan, STMIK STIKOM Bali
Program Studi Manajemen Informatika
I Gusti Ngurah Wikranta Arsa, STMIK STIKOM Bali
Program Studi Manajemen Informatika

References

Ibrahim, A.S., Rizman, Z.I., dan Husin, N.H.R., 2013, Performance Analysis of Xbee-Based WSN in Various Indoor Environment, Journal of Basic and Applied Scientific Research, Vol. 3, Issue 11, Hal. 20-27.

Matin, M.A. dan Islam, M.M., 2012, Overview of Wireless Sensor Network, In M. Matin, Wireless Sensor Network - Technology and Protocols, Hal. 1-2, Rijeka: InTech.

Piyare, R. dan Lee, S.R., 2013, Performance Analysis of XBee ZB Module Based Wireless Sensor Network, International Journal of Scientific & Engineering Research, Vol. 4, Issue 4.

How to Cite
Hendrawan, I. N. R., & Arsa, I. G. N. W. (1). Eksperimen Pengukuran Parameter RSSI dan Throughput Protokol ZigBee pada Perangkat XBee Seri 2. SATIN - Sains Dan Teknologi Informasi, 2(2), 13-16. https://doi.org/10.33372/stn.v2i2.163