Simulasi Produksi Gambir dengan Metode Supply Chain Management

  • Sukri Sukri
  • Diki Arisandi
  • Siska Dewi Putri Prodi Teknik Informatika Universitas Abdurrab
Keywords: Gambir, SCM, Sistem, Simulasi, Produksi

Abstract

Gambir merupakan tanaman yang banyak ditemui di daerah Sumatera, terutama di Kenagarian Galugua Sumatera Barat. Proses produksi gambir yang dilakukan di Kenagarian  Galugua belum berdasarkan percobaan ilmiah, melainkan hanya berdasarkan kebiasaan masyarakat yang turun-temurun. Sebagian masyarakat, ada yang memilih cara berbeda dalam proses pengolahan Gambir, misalnya dalam hal pemilihan daun gambir dan pemberian pupuk dalam mengolah gambir. Berdasarkan ujicoba  yang dilakukan tersebut, terdapat  perbedaan jumlah getah gambir sehingga juga berdampak pada hasil penjualan.  Namun masyarakat belum mengetahui dengan pasti, faktor apa yang menjadi penyebab perbedaan tersebut. Supply Chain Management (SCM) merupakan solusi manajemen yang tepat dalam permasalahan di atas. Untuk mendapatkan data yang mendukung penelitian ini, penulis menggunakan metode wawancara, observasi dan studi pustaka. Adapun hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu (1) simulasi produksi gambir sudah bisa disimulasikan dengan menggunakan metode SCM dan (2) simulasi produksi gambir bisa memprediksi hasil produksi gambir berdasarkan jenis, menggunakan pupuk dan tidak menggunakan pupuk.

References

Adelia dan Jimmy, Setiawan. 2011. Implementasi Customer Relationship Managemen (CRM) pada Sistem Reservasi Hotel berbasis Website dan Desktop, Jurnal Sistem Informasi, Vol. 6, No. 2.

Denian, A. dan Fiani Ari. 1994. Indeks Luas Daun beberapa Tipe Gambir. Makalah Seminar 21 September 1994 hal 73-79. Dan Suherdi. 1992. Teknologi budidaya dan pasca panen gambir. Temu aptek pertanian sub sektor perkebunan 5-8

Agustus, Bukittinggi.

Dhalimi, Azmi. 2006. Permasalahan Gambir (Uncaria gambir L.) di Sumatera Barat dan Alternatif Pemecahannya. Jurnal Teknologi Pertanian, Volume: 5, No. 1.

Ekoanindiyo, Ardiansyah Firman. 2011. Pemodelan Sistem Antrian dengan Menggunakan Simulasi. Jurnal Dinamika Teknik, Volume: V, No. 1.

Fauza, Hamda. 2011. Pengembangan Usaha Perkebunan dan Industri Gambir di Sumatera Barat: Peluang dan Tantangan. Seminar Nasional: Reformasi dan Pertanian Terintegrasi Menuju Kedaulatan Pangan.

Nasution Hakim. Prasetyawan, Arman. Yudha, 2008, Perencanaan dan Pengendalian Produksi, Graha Ilmu Yogyakarta.

Jayamahe, Srie. 2013. Studi Kelayakan Usaha Pengolahan Produk Berbahan Baku Gambir di Kabupaten Lima Puluh Kota. Jakarta: Penerbit Deutsche Gesellschaft für Internationale Zusammenarbeit (GIZ) GmbH - Regional Economic Development (RED).

Kurniawan, Rangga Eri. 2011. Peranan Supply Chain Management (SCM) pada PT.Aneka Tambang, Tbk. Skripsi Tidak diterbitkan. Yogjakarta: Sarjana STMIK.

Mulia, Tri. 2015. Implementasi Supply Chain Management Untuk Stok dan Pendistribusian Obat Pada Apotek Karya Sehat. Skripsi tidak diterbitkan. Purwokerto: Sarjana Amikom.

Nurlina. 2012. Sistem Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru STMIK U’Budiyah Indonesia berbasis Web. Skripsi tidak diterbitkan. Banda Aceh; Sarjana STMIK.

Nurseha, Irvan. 2014/2015. Perancangan system informasi quality control stock expired di PT. catur sentosa anugerah. Skripsi tidak diterbitkan. Tangerang; Sarjana STMIK Raharja.

Prihati, Yani. 2012. Simulasi dan Pemodelan Sistem Antrian Pelanggan di Loket Pembayaran Rekening XYZ Semarang. Jurnal Informatika, Volume: 3, No. 3.

Sabarni. 2015. Teknik Pembuatan Gambir (Uncaria Gambir Roxb) Secara Tradisional. Jurnal Islamic Science and Technology, Volume: 1, No. 1.

Sutabri, Tata. 2012. Konsep Sistem Informasi, Yogyakarta: Andi.

Zeijlstra HH. 1949. Sirih, pinang, en gambir. In: van Hall, C.J.J., & van de Koppel (Eds.): De Landbouw in de Indische Archipel (Agriculture in the Indonesia Archipelago). Vol. 2B. van Hoeve, ‘s-Gravenhege, the Netherlands. pp:578-619.

How to Cite
Sukri, S., Arisandi, D., & Dewi Putri, S. (1). Simulasi Produksi Gambir dengan Metode Supply Chain Management. SATIN - Sains Dan Teknologi Informasi, 2(2), 17-24. https://doi.org/10.33372/stn.v2i2.164