Implementasi Neuro Fuzzy dalam Proses Belajar Mengajar untuk Meningkatkan Prestasi Mahasiswa

  • Nurjayadi - Jurusan Manajemen Informatika STMIK Amik Riau
Keywords: ANFIS, Neuro Fuzzy, Algoritma Hybrid, Prestasi Mahasiswa

Abstract

Proses belajar mengajar merupakan kegiatan interaksi yang dinamis ataupun peran aktif antara dosen dan mahasiswa. Peran aktif keduanya sangat berpengaruh terhadap tercapainya tujuan pembelajaran yang diinginkan. Dosen menginginkan mahasiswanya berhasil dan sukses, sementara mahasiswa mengharapkan prestasi yang baik. Berhasil tidaknya proses belajar mengajar, apabila mahasiswa dapat menerima materi dengan baik dan mencapai nilai prestasi yang memuaskan. Pada penelitian ini penulis menerapkan konsep neuro fuzzy dalam menganalisa prestasi mahasiswa dalam proses belajar mengajar yang didasarkan pada faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi mahasiswa dengan variabel input dan output sebagai parameternya. Variabel input meliputi latar belakang keluarga, lingkungan belajar di rumah, motivasi mahasiswa, kualitas dosen, dan lingkungan kampus serta variabel output berupa hasil akhir yang ingin dicapai. Arsitektur yang digunakan pada neuro fuzzy ini adalah adaptive neuro fuzzy inference sistems (ANFIS) yang terdiri atas beberapa tahapan yaitu fuzzifikasi, pelatihan hybrid, dan defuzzifikasi. Pengujian pada penelitian ini menggunakan software Matlab 7.10 yang memberikan hasil berupa nilai prestasi dari mahasiswa sebagai
acuan untuk meningkatkan prestasi

References

Oki Dwipurwani, et al. “Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Mahasiwa Ditinjau dari Karakteristik Lingkungan Kampus.†Jurnal Penelitian Sains. 2012

Anant Bhardwaj dan Kapil Kumar Siddhu. “An Approach to Medical Image Classification Using Neuro Fuzzy and ANFIS Classifier.†International Journal of Computer Trends and Technology, India. 2013

Kaur dan Kaur. “Comparison Of Fuzzy Logic And Neuro Fuzzy Algorithms For Air Conditioning Sistem.†IJSCE. 2012

Azriyenni dan Mustafa, M.W. “Performance NeuroFuzzy for Power Sistem Fault Location.†IJET, Johor. 2013

I Gede Santi Astawa. “Sistem Tutorial Adaptif : Neuro Fuzzy Dalam Penentuan Hasil Belajar,†Universitas Udayana, Bali. 2010.

Hindayati Mustafidah dan Sri Hartati. “Klasifikasi fuzzy Menggunakan Jaringan Backpropagation.†Seminar Internasional Hasil-hasil Penelitian. Yogyakarta. 2009.

Rashid dan Ahmed. “Building Adaptive Neural FuzzyInference Sistem for Revised General Test/Gross Pont Average Problem,†IJETCAS. 2012.

Ogunwolu, et al. “A neuro Fuzzy Approach to Vehicular Traffic flow Prediction For a Metropolis in a Developing Country.†Sring, South Tehran. 2011.

Sri Kusumadewi dan Sri Hartati. “Neuro-Fuzzy Integrasi Sistem Fuzzy & Jaringan Syaraf.†Edisi 2. Yogyakarta : Graha Ilmu. 2010

Anang Tjahjono et, al “Sistem Pengambilan Keputusan Persebaran Penyakit dan Distribusi Obat Dalam Kabupaten/Kotamadya.†Institut Sepuluh Nopember, Surabaya. 2010.

Arif Hermawan. “Jaringan Syaraf Tiruan Teori dan Aplikasi.†Yogyakarta : Andi. 2006

Banon Tri Kuncahyo, et al. “Penerapan Metode Adaptive Neuro Fuzzy Inference Sistem Untuk Memprediksi Nilai Post Test Mahasiswa pada Jurusan Teknik Informatika FTIF ITS.†Makalah Seminar Tugas

Akhir. Surabaya. 2012.

Suwardjono. “Belajar Mengajar di Perguruan Tinggi : Redefinisi Makna Kuliah.†UGM, Yogyakarta. 2005.

Hidayat. “Pengendalian Diri Salah Satu Keterampilan Kecerdasan Emosional Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Sejak Dini,†IAIN Sulthan Thaha Saifuddin, Jambi. 2009.

Sri Indra Maiyanti, et al. “Aplikasi Analisis Faktor Konfirmatori untuk Mengetahui Hubungan Peubah Laten yang Mempengaruhi Prestasi Mahasiswa di Jurusan Matematika FMIPA UNSRI.†Univ Sriwijaya, Palembang. 2009

How to Cite
-, N. (1). Implementasi Neuro Fuzzy dalam Proses Belajar Mengajar untuk Meningkatkan Prestasi Mahasiswa. SATIN - Sains Dan Teknologi Informasi, 1(2), 97-103. https://doi.org/10.33372/stn.v1i2.29