Penerapan Metode Interpolasi Untuk Proyeksi Pertumbuhan Penduduk di Provinsi Riau

  • Karpen Karpen STMIK Amik Riau Jurusan Teknik Informatika
  • Ferdiansyah Fahmi STMIK Amik Riau Jurusan Teknik Informatika
Keywords: Metode Interpolasi, Pertumbuhan Penduduk, Proyeksi

Abstract

Pertumbuhan penduduk merupakan perubahan populasi yang dapat dihitung sebagai penambahan jumlah individu dalam suatu wilayah. Di Indonesia hal ini merupakan sesuatu yang sangat diperhatikan oleh pemerintah. Untuk di daerah yang berperan adalah Dinas Kependudukan Catatan Sipil Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DisdukcapildaldukKB), seperti yang berkedudukan di Provinsi Riau. Selama ini instansi tersebut masih mendapat kesulitan dalam membuat proyeksi atau perkiraan mengenai proyeksi pertumbuhan penduduk dimasa mendatang. Tujuan penelitian ini adalah untuk menerapkan atau mengimplementasikan metode interpolasi guna memproyeksikan pertumbuhan penduduk yang ada di Provinsi Riau. Sampel mengumpulkan data populasi penduduk dilakukan pada 2 (dua) waktu pelaksanaan Sensus penduduk yang berbeda. Perhitungan dilakukan menggunakan metode interpolasi, maka akan dapat memproyeksikan pertumbuhan penduduk pada beberapa tahun yang akan datang dengan lebih cepat dan mudah.

References

Hartomo, K. D. (2006). Issn 0853-8697 Implementasi Metode Interpolasi Linear Untuk Pembesaran Resolusi Citra. Teknoin, 11(3), 219–232.

Haviluddin. (2011). Memahami Penggunaan UML ( Unified Modelling Language ). Memahami Penggunaan UML (Unified Modelling Language), 6(1), 1–15.

Jefri Tipka. (2011). Proyeksi Penduduk Berlipat Ganda di Kabupaten Maluku. FMIPA Universitas Pattimura, 5(2), 31–34.

Saptadi, N. T. S., Marwi, H. C., Wijaya, F., Saputra, R., Alamsyah, D., Wahyuningtyas, N., … Hartati, E. (2016). Volume 2, Nomor 2, Maret

(Vol. 2).

Disdukcapildalduk & kb. (2017). Badan Statistik Pertumbuhan Penduduk Provinsi Riau, kota pekanbaru

Ahmad Fauzi Aulia, U. rio. (2015). Aplikasi Identifikasi Sampel Air Layak Uji dengan Standar Nasional Indonesia ( SNI ) pada Dinas Pekerjaan Umum Unit Pelayanan Terpadu Pengujian Provinsi Riau Unang Rio. Sains Dan Teknologi Informasi, 1(1), 56–62.

Sharon, E. A. (2016). SATIN – Sains dan Teknologi Informasi Mengembangkan Sistem Aplikasi Layanan Administrasi Mahasiswa pada STMIK Amik Riau. Sains Dan Teknologi Informasi, 2(1), 8–14.

Published
2018-06-01
How to Cite
Karpen, K., & Fahmi, F. (2018). Penerapan Metode Interpolasi Untuk Proyeksi Pertumbuhan Penduduk di Provinsi Riau. SATIN - Sains Dan Teknologi Informasi, 4(1), 11-19. https://doi.org/10.33372/stn.v4i1.296