Implementasi Linear Congruential Generator untuk Pengacakan Gambar Pada Permainan Puzzle

  • Hadiansyah Eka Putra STMIK Amik Riau
  • Koko Harianto STMIK Amik Riau
Keywords: Game, Puzzle, LGC, Kamera, Mobile

Abstract

Game puzzle merupakan game edukasi yang bermanfaat untuk mengembangkan keterampilan kognitif dan motorik anak, melatih kesabaran, mengembangkan koordinasi mata, dan membantu meningkatkan kemampuan anak dalam memecahkan masalah game puzzle yang dahulunya dimainkan menggunakan kertas saat ini sudah bisa dimainkan melalui mobile.Akan tetapi untuk mamainkan sebuah game puzzle yang ada saat ini menggunakan photo yang telah ada diaplikasi game puzzle tersebut maka pada aplikasi ini dibuat permainan game puzzle yang dimainkan secara real time langsung pada kamera mobile dan game puzzle ini dibuat 3 tingkat permainan yaitu tingkatan easy disini memiliki tantangan menyusun 4 potongan puzzle tingkatan medium memiliki tantangan menyusun 8 potongan puzzle tingkatan hard memiliki tantangan menyusun 16 potongan puzzle game ini disusun secara acak menggunakan metode Linear Congruential Generator dengan nilai konstanta a,c dan m yang telah ditentukan sesuai banyaknya potongan puzzle dan dihasilkan suatu permainan game puzzle yang langsung dimainkan melalui kamera mobile secara realtime.

References

A. Puzzle, D. Bentuk, P. Acak, and B. Flash, Aplikasi Puzzle Dengan Bentuk Potongan Acak Berbasis Flash, vol. 4, no. 2, pp. 109–117, 2012.

D. F. Nurkholis, PENGEMBANGAN GAME EDUKASI PENGENALAN NAMA HEWAN DALAM BAHASA INGGRIS UNTUK ANAK SD BERBASIS ADOBE FLASH CS6, 2015.

F. A. Hermawati, Pengolahan Citra Digital Konsep & Teori, 1st ed. Yogyakarta: Andi, 2013.

R. Munir, Pengolahan Citra Digital dengan Pendekatan Algoritmik. Bandung: Informatika, 2004.

T. Elektronika, Definisi Dan Pengolahan Citra Digital, http://elektronika-dasar.web.id/definisi-dan-pengolahan-citra-digital/, 2012. [Online]. Available: http://elektronika-dasar.web.id/definisi-dan-pengolahan-citra-digital/.

W. T. Sutoyo, Edy Mulyanto, Vincent Suhartono, Oky Dwi Nurhayati, Teori Pengolahan Citra Digital. Yogyakarta: Andi, 2009.

Y. A. Ruswan Putranto, Pengembangan Teknik Pembangkitan Bilangan Acak Berbasiskan Hardware, 2010.

Published
2018-06-01
How to Cite
Putra, H. E., & Harianto, K. (2018). Implementasi Linear Congruential Generator untuk Pengacakan Gambar Pada Permainan Puzzle. SATIN - Sains Dan Teknologi Informasi, 4(1), 89-96. https://doi.org/10.33372/stn.v4i1.302