Steganografi LSB 3 Bit pada Gambar Digital dengan Key Terenkripsi Vigenere Chiper

  • Helda Yenni Teknik Informatika, STMIK Amik Riau
Keywords: keamanan data, file gambar, enkripsi pesan

Abstract

Komunikasi antar komputer saat ini merupakan hal yang umum dilakukan para pengguna komputer. Komunikasi ini dapat memperpendek jarak dan waktu terutama pada posisi geografis yang berjauhan. Bentuk komunikasi tersebut dapat salah satunya berupa transfer data. Dalam hal transfer data tersebut,mutlak diperlukannya aspek keamanan data baik pada saat pengiriman data sehingga data diterima oleh pihak penerima dalam keadaan utuh. Hal tersebut mencegah terjadinya kemungkinan kerusakan ataupun manipulasi data oleh pihak yang tidak memiliki otoritas terhadapnya.Steganografi merupakan teknik untuk melindungi file digital dalam hal ini file gambar digital dengan prinsip kerja menyisipkan “suatu pesan†didalam file digital tersebut. Metode LSB ( Least Significant Bit dapat menyisipkan 3 bit pada setiap file sumber (carrier). Selain itu dalam penelitian digunakan juga metode enkripsi pesan berupa Vigenere Chiper yang nantinya dapat mengubah bentuk pesan yang disisipkan ke dalam gambar digital ke dalam bentuk chipertext sehingga meningkatkan keamanan data gambar digital tersebut. Pengujian aplikasi ini dibuat dengan bahasa pemograman Borland Delphi 2007. Sistem ini mampu menyisipkan teks sebanyak ±  37,5% dari jumlah pixel pesan pada setiap file carrier.

References

Achmad Balza, 2011. Pemograman Delphi Untuk Aplikasi Mesin Visi Menggunakan Webcam, Gava Media, Yogyakarta.

Fadlisyah, 2007, Computer Vision dan Pengolahan Citra, Andi, Yogyakarta.

Kusnassriyanto, 2011, Belajar Pemrograman Delphi, Modula, Bandung.

Munir, Rinaldi, 2004, Pengolahan Citra Digital dengan Pendekatan Algoritmik, Informatika, Bandung.

Sutoyo, T., Edy Mulyanto, Vincent Suhartono, Oky Dwi Nurhayati, Wijanarto,2009, Teori Pengolahan Citra Digital, ANDI, Yogyakarta.

Doni Ariyus,2008. Pengantar Ilmu Kriptografi Teori,Analisis,danImplementasi,ANDI, Yogyakarta

Ana Sapta Rindi, Sihar N.M.P. Simamora, ST., MT., Isa Puncuna, ST., 2010,Politeknik Telkom

How to Cite
Yenni, H. (1). Steganografi LSB 3 Bit pada Gambar Digital dengan Key Terenkripsi Vigenere Chiper. SATIN - Sains Dan Teknologi Informasi, 1(2), 10-14. https://doi.org/10.33372/stn.v1i2.319