Kompresi Fractal dengan Metode Partisi Adaptive Quadtree

  • Torkis Nasution Teknik Informatika, STMIK Amik Riau
Keywords: citra, kompresi fractal, adaptive quadtree

Abstract

Kompresi fractal merupakan teknik yang tergolong baru dalam sejarah kompresi citra. Dengan memanfa-atkan kesamaan bentuk dengan bagian yang lebih kecil pada citra, metode kompresi  fractal diperkenalkan. Dalam kompresi fractal, bagian kecil yang memiliki  suatu kemiripan dengan bagian yang lebih besar pada citra akan dilakukan transformasi scan berulang-ulang  sehingga membentuk bagian besar tersebut. Proses ini disebut juga dengan iterated function system. Penelitian ini membahas mengenai pengompresan  citra hitam putih menggunakan metode partisi adaptive quadtree. Maksud dari metode ini adalah compresi fractal yang skema partisinya menggunakan skema partisi quadtree  dengan threshold yang berubah­ubah  (adaptive  threshold).  Penelitian  ini  merancang  skema  partisi  quadtree menggunakan adaptive threshold untuk lebih mengoptimalkan hasil suatu kompresi citra baik dari segi kualitas, rasio, dan waktu pengompresan. Pada skema partisi standar. suatu citra dipartisi menjadi bagian-bagian berbentuk persegi dengan ukuran yang sama. Partisi jenis ini memiliki kelemahan utama yaitu terpartisinya bagian citra yang sebenarnya memiliki tingkat kompleksitas rendah. Hal ini sangat tidak efisien dikarenakan  pemborosan bit yang terjadi untuk merekam koefisien dari bagian-bagian tersebut untuk pengompresan sehingga menyebabkan ukuran file menjadi besar. Skema partisi quadtree memungkinkan  untuk mempartisi citra menjadi bagian-bagian yang memiliki ukuran yang berbeda sesuai dengan tingkat kompleksitas bagian  tersebut  berdasarkan  threshold  yang  sudah  ditetapkan  sebelumnya

References

Sharat Chandran, S., Kar, (2002). Retrieving Faces by the PIFS Fractal Code, http://www.umiacs.umd.edu/sharat

Fisher, Yuval. (1995). Fractal Image Compression: Theory and Application. Springer- Verlag Telos.

Vales, R.C.,Woods, R.E. (2001). Digital Image Processing. Addison Wesley Publishing Company. Inc.

Amstein, H., Ruhl, M., Saupe, D. (2001). Region-based fractal image compression. IEEE Transactions On Image Processing, Vol. 9, p1171-1184. IEEE.

Jin, A. E. (1992). Image Coding Based on a Fractal Theory of Iterated Contractive Image Transformations. IEEE Transactions On Image Processing. Vol. 1, No. 1. IEEE.

Mandelbrot, Benoit M. (1983), The Fractal Geometry of Nature, WH Freeman and Company, New York.

Devaney, R and L. Keen, eds. (1989), Chaos, Fractals and Dynamics, Addison-Wesley, Menlo Park, CA.

Oliver, Dick. (1999) Memandang Realita dengan Fractal Vision. Edisi Terjemahan. Andi Yogyakarta, Yogyakarta.

Aterman, E., Feder, M. (1994). Image Compression via Improved Quadtree Decomposition Algorithms. IEEE Transactions On Image Processing, Vol. 3, No. 2. IEEE.

Mandelbrot, Benoit M. (1983), The Fractal Geometry of Nature, WH Freeman and Company, New York.

Stevens, Roger T (1990), Advanced Fractal Programming in C. M&T, Redwood City, CA.

Chien-Cheng Tseng, Tsung-Ming Hwang, 2003), Quantum Digital Image Processing Algorithms, 16th IPPR Conference on Computer Vision, Graphics and Image Processing (CVGIP 2003)

stead, Stephen. (1999). Fractal and Wavelet Image Compression Techniques. SPIE Tutorial Texts in Optical Engineering Vol. TT40). SPIE Press.

Kamel Belloulata and Janusz Konrad, (2002), Fractal Image Compression with Region-Based Functionality, Senior Member, IEEE, IEEE TRANS. ON IMAGE PROCESSING, VOL. 11, NO. 4, APRIL 2002

Published
2018-07-31
How to Cite
Nasution, T. (2018). Kompresi Fractal dengan Metode Partisi Adaptive Quadtree. SATIN - Sains Dan Teknologi Informasi, 2(1), 41-56. https://doi.org/10.33372/stn.v2i1.334