Pengaruh Kehadiran Perkuliahan Terhadap Nilai Akhir Mahasiswa Menggunakan Metode Fuzzy Quantification Theory 1

  • Amelia Eka Putri Teknik Informatika, STMIK Amik Riau
  • Susi Erlinda Teknik Informatika, STMIK Amik Riau
Keywords: Fuzzy, quantification, theory, group, kualitatif

Abstract

Kehadiran mahasiswa merupakan faktor yang berpengaruh terhadap nilai akhir mahasiswa, dimana apabila kehadiran mahasiswa dibawah 70% dan lebih dari 4 kali pertemuan, maka mahasiswa tidak dapat mengikuti ujian akhir semester (UAS). Ada beberapa komponen penilaian, yaitu meliputi : Kehadiran mahasiswa 10%, nilai tugas 10%, nilai quis 20%, nilai uts 25% dan nilai uas 35%. Fuzzy Quantification Theory I, adalah suatu metode untuk menentukan hubungan antara variabel kualitatif yang diberikan dengan nilai antara 0 sampai 1 dan variabel- variabel  numeris  dalam  fuzzy  group  yang  diberikan  dalam  sampel.  Pada penelitian ini, Fuzzy Quantification Theory I akan digunakan untuk menentukan seberapa besar faktor kualitatif kehadiran mahasiswa terhadap kualitatif nilai akhir mahasiswa. Sistem ini diharapkan mampu memberikan kemudahan dan ketepatan dalam  menentukan  absensi  mahasiswa  dan  dapat  mengetahui  seberapa  besar pengaruh kehadiran terhadap nilai akhir mahasiswa

References

Kusumadewi, Sri, Fuzzy Quantification Theory I Untuk Analisis Hubungan Antara Penilaian Kinerja Dosen Oleh Mahasiswa, Kehadiran Dosen, Dan Nilai Kelulusan Mahasiswa, Juni (2004) Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Industri,Universitas Islam Indonesia, Media Informatika,Vol.2, No.1, Juni 204,1-10. ISSN L 0854-4743

Kusumadewi, Sri & Hari Purnomo (2010), Aplikasi Logika Fuzzy, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Sutejo Budi, D, O, Perencanaan dan Pembangunan Sistem Informasi (2006:16)

Hanif Al Fatta (2007), Analisa Sistem dan Perancangan Sistem Informasi, Andi, Yoyakarta

Published
2018-07-31
How to Cite
Putri, A. E., & Erlinda, S. (2018). Pengaruh Kehadiran Perkuliahan Terhadap Nilai Akhir Mahasiswa Menggunakan Metode Fuzzy Quantification Theory 1. SATIN - Sains Dan Teknologi Informasi, 3(1), 32-39. https://doi.org/10.33372/stn.v3i1.351