Pengembangan Sistem Informasi Berbasis Website Sebagai Media Pengelolaan Peminjaman dan Pengembalian Alat Laboratorium Fikes UMP

  • Adam Prayogo Kuncoro STMIK AMIKOM PURWOKERTO
  • Bagus Adhi Kusuma STMIK AMIKOM PURWOKERTO
  • Adi Purnomo STMIK AMIKOM PURWOKERTO
Keywords: Aplikasi website, Sistem informasi, Pelayanan laboratorium, Database, Manajemen data

Abstract

Sebagai salah satu jurusan yang berada di Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Purwokerto, di dalam Program Studi Ilmu Keperawatan terdapat laboratorium kesehatan yang memiliki peralatan terbanyak dan terlengkap di Fakultas Ilmu Kesehatan. Seluruh peralatan tersebutdi kelola oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang menyediakan fasilitas sarana dan prasarana peralatan kesehatan. Sarana dan prasarana perkuliahan yang memadai merupakan faktor penting dalam menunjang proses belajar mengajar. Sarana perkuliahan seperti alat praktik dan alat ukur memiliki resiko besar terhadap kerusakan dan kehilangan, sehingga dibutuhkan sebuah sistem peminjaman alat yang baik agar data peminjam dan keberadaan alat dapat diketahui. Dengan kondisi mahasiswa yang setiap tahunnya mengalami peningkatan, penerapan sistem manual sudah tidak efisien dan tidak efektif lagi untuk diterapkan. Karena dengan meningkatnya jumlah mahasiswa maka semakin meningkat pula intensitas kebutuhan peminjaman alat laboratorium.Penggunaan sistem manual dengan pencatatan pada buku memang kurang efektif serta tidak efisien dalam proses peminjaman dan pengembalian alat yang rutin dilakukan. Maka pada penelitian ini dibutuhkan suatu sistem informasi berbasis komputer yang dapat membantu pengelolaan peralatan laboratorium sehingga pelayanan peminjaman dan pengembalian bisa lebih efektif. Penerapan sistem informasi ini bertujuan agar dapat membantu pelayanan di laboratorium dalam proses peminjaman dan pengembalian peralatan, serta membuat pelaporan rutin harian, bulanan, dantahunan.

Author Biographies

Adam Prayogo Kuncoro, STMIK AMIKOM PURWOKERTO
Informatics Department
Bagus Adhi Kusuma, STMIK AMIKOM PURWOKERTO
Informatics Department
Adi Purnomo, STMIK AMIKOM PURWOKERTO
Informatics Department

References

A.S, R., & M., S. (2018). Rekayasa Perangkat Lunak. Informatika Bandung. Bandung: Informatika Bandung.

Cahyanti, A., & Purnama, B. (2012). Pembangunan Sistem Informasi Manajemen Puskesmas Pakis Baru Nawangan. Speed-Indonesian Journal on …, 4(4), 17–21. https://doi.org/10.3112/SPEED.V4I4.893

Clark, D. (2014). Beginning C# Object-Oriented Programming, (April). https://doi.org/10.1007/978-1-4302-3531-6

Kurnia, D. (2017). SATIN – Sains dan Teknologi Informasi Sistem Informasi E-Bussiness Penyediaan Jasa Cleaning Service Indoor ( Study kasus : PT . Inti Lestari Padang ), 3(1).

Luthfi, H. W., & Riasti, B. K. (2013). Sistem Informasi Perawatan Dan Inventaris Laboratorium Pada Smk Negeri 1 Rembang Berbasis Web. Indonesian Jurnal on Computer Science - Speed (IJCSS), 10(1), 83–91. https://doi.org/10.3112/SPEED.V3I3.1219

M.B., W. G. (2014). Pembuatan database sebagai alat bantu analisa keputusan berdasarkan. Jurnal PASTI, VIII(1), 30–43.

Muzawi, Rometdo, Rahmaddeni, A. (2017). SATIN – Sains dan Teknologi Informasi Perancangan Aplikasi Berbasis Client Server dalam Mengupload File - File Ujian pada Laboratorium Komputer STMIK Amik Riau. SATIN-Sains Dan Teknologi Informasi, 3(1), 1–5.

Prawiyanti, A. A., & Triyono, R. A. (2013). Perancangan Sistem Informasi Inventaris. Surakarta: Universitas Surakarta, 2(1), 43–53.

Samsudin, A. (2018). SATIN – Sains dan Teknologi Informasi Rancang Bangun Aplikasi Online Global-net Elektronik Berbasis Web. Satin, 4(1), 1–9.

Susandri, Herwin, & Mardainis. (2016). SATIN – Sains dan Teknologi Informasi Pengembangan Model Perancangan dan Pemograman Sistem Informasi Berbasis Web. Jurnal Sains Dan Teknologi Informasi, 2(2), 72–77.

Tyan Agus, S. (2012). PROFIL LABORATORIUM IPA SMP NEGERI SE-KECAMATAN KLATEN KABUPATEN KLATEN TAHUN 2011/2012 BERDASARKAN PEDOMAN PENGGUNAAN LABORATORIUM NASIONAL IPA SMP (S1 thesis). UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

Published
2019-01-22
How to Cite
Kuncoro, A. P., Kusuma, B. A., & Purnomo, A. (2019). Pengembangan Sistem Informasi Berbasis Website Sebagai Media Pengelolaan Peminjaman dan Pengembalian Alat Laboratorium Fikes UMP. SATIN - Sains Dan Teknologi Informasi, 4(2), 24-30. https://doi.org/10.33372/stn.v4i2.396