Analisis Usability Existing Product dan Development Product Menggunakan PendekatanUser Centered Design pada E-Commerce

  • Silvana Rasio Henim Politeknik Caltex Riau
  • Rery Audilla Putri Politeknik Caltex Riau
  • Rika Perdana Sari Politeknik Caltex Riau
Keywords: Usability, User Centered Design, E-Commerce, User Experience Quitionnaire, Usability testing

Abstract

Usability merupakan salah satu hal penting dalam situs web e-commerce. Hal ini terbukti pada penelitian yang dilakukan oleh User Interface Engineering, Inc., diketahui bahwa 60% waktu terbuang karena orang tidak dapat menemukan informasi yang ingin didapatnya pada suatu website dan ini berdampak pada penurunan produktivitas hingga mengalami kegagalan. Oleh karena itu, digunakanlah teknik yang harus berfokus kepada pengguna yaitu menggunakan pendekatan User Centered Design (UCD). Analisis akan dilakukan dengan membandingan antara existing product dengan development product. Development product adalah website yangakan dikembangkan dengan UCD menggunakan studi kasus toko online Dimahf. Existing product yang digunakan adalah Askalabel sebagai salah satu website e-commerce fashion hijab yang sudah berdiri tahun 2017.Evaluasi dilakukan dengan metode usability testing dan tools User Experience Questionnaire (UEQ). Setelah dilakukan pengujian dengan usability testing didapatkan hasil 100% task sukses dilakukan oleh responden meskipun pertama kali menggunakan kedua website. Kemudian berdasarkan hasil pengujian UEQ didapatkan hasil rata-rata dari seluruh aspek nilai Dima.hf lebih tinggi dari pada Askalabel yaitu 1,54 sedangkan Askalabel 1,26. Responden memiliki persepsi lebih positif terhadap Dima.hf dari pada Askalabel untuk aspek perpecuity, dependability dan novelty, sedangkan Askalabel unggul pada aspek attractiveness, stimulation, dan efficiency.

References

Ali, Edward (2016). Metode User Centered Design (UCD) dalam Membangun Aplikasi Layanan Manajerial di Perguruan Tinggi. Jurnal Sains dan Teknologi Informasi 2(2)

Nielsen, J. (2014). Ecommerce Usability Improvements. Diambil kembali pada 17 Juni 2017, dari https://www.nngroup.com/articles/ecommerce-improvements/

Rahman, Trias Nur. (2014). Pengebangan Website Responsif Emart Indonesia Dengan Pendekatan User-Centered Design :Universitas Gajah Mada Yogyakarta

Mahardhika, Gema. (2015). Perancangan E-commerce Pada Sentra UKM Kauman Surakarta Menggunakan Metode User Centered Design : Universitas Diponegoro Semarang

Lowdermilk, T. (2013). User Centered Design. United States of America: O’Reilly Media, Inc.

Schrepp, Martin.2015. User Experience Questionnaire Handbook.

Usability.gov. (2014). How to & tools: Usability Testing. Diambil kembali dari 17 Agustus 2017, pada www.usability.gov/how-to-andtools/methods/usability-testing.html

Published
2019-01-22
How to Cite
Henim, S. R., Putri, R. A., & Sari, R. P. (2019). Analisis Usability Existing Product dan Development Product Menggunakan PendekatanUser Centered Design pada E-Commerce. SATIN - Sains Dan Teknologi Informasi, 4(2), 93-99. https://doi.org/10.33372/stn.v4i2.407