Prototipe Absensi STMIK Amik Riau Berbasis Face Recognition Menggunakan Metode Eigenface

  • Abdul Muntholib STMIK Amik Riau
  • susi erlinda STMIK Amik Riau
Keywords: Metode Eigenface, Face Recognition, Absensi, PCA

Abstract

Pengenalan wajah merupakan salah satu teknologi dari komputer yang bisa mengidentifikasi wajah seseorang melalui sebuah gambar digital. Pengenalan wajah bisa di padukan dengan sistem absensi sehingga menjadi hal yang sangat menarik, dimana sistem absensi juga dapat di lakukan menggunakan wajah. Untuk kondisi absensi yang ada saat ini masih menggunakan kartu tanda karyawan, sehingga di lakukan penitipan absensi. Seringkali pada daftar hadir tercantum nama karyawan, tetapi setelah di lihat ternyata karyawan tersebut belum masuk. Karyawan bisa saja datang terlambat absen sehingga dapat menurunkan tingkat kedisiplinan dan kualitas kerja. Untuk mengatasi hal tersebut, maka di buat sebuah alat sensor wajah dengan menggunakan metode eigenface. Metode eigenface suatu metode pengenalan wajah yang berdasarkan pada algoritma Principal Component Analysis (PCA). Secara singkat prosesnya merupakan citra yang di representasikan dalam sebuah gabungan vektor yang dijadikan satu matriks tunggal. Dari matriks tunggal akan diekstraksi kan suatu ciri utama yang akan membedakan antara sebuah citra wajah satu dengan citra wajah lainnya.. Hasil dari alat ini dapat melihat wajah karyawan melalui webcame dan juga akan mengidentifikasi kecocokan data yang tersedia pada database.

References

Muhammad Rizki Muliawan, Beni Irawan, Y. B. (2015). Implementasi Pengenalan Wajah Dengan Metode Eigenface Pada Sistem Absensi. Jurnal Coding, Sistem Komputer Untan, 03(1), 41–50.

Published
2019-01-22
How to Cite
Muntholib, A., & erlinda, susi. (2019). Prototipe Absensi STMIK Amik Riau Berbasis Face Recognition Menggunakan Metode Eigenface. SATIN - Sains Dan Teknologi Informasi, 4(2), 76-83. https://doi.org/10.33372/stn.v4i2.413