Sistem Pendeteksi Tingkat Kesamaan Teks pada Pengusulan Proposal Penelitian Internal Menggunakan Algoritma Rabin-Karp

  • Rahmaddeni - Rahmaddeni STMIK Amik Riau
  • Didik Sazali STMIK Amik Riau
  • Agustin Agustin Teknologi Informasi STMIK Amik Riau
Keywords: Kesamaan Teks, Proposal Internal, Algoritma Rabin-Karp, Website

Abstract

STMIK Amik Riau yang merupakan perguruan tinggi komputer di Provinsi Riau memiliki suatu unit lembaga yang mengelola penelitian yang bernama LPPM STMIK Amik Riau. Untuk mewujudkan visi LPPM STMIK Amik Riau, lembaga ini memulainya dari hal internal terlebih dahulu berupa adanya pengelolaan manajemen penelitian yang baik dalam sebuah website yang dapat diakses secara online. Permasalahan yang terjadi selama ini dalam sebuah website LPPM STMIK Amik Riau adalah dalam hal pengajuan proposal penelitian internal. Dalam pengajuan proposal internal yang dilakukan oleh dosen STMIK Amik Riau melalui sistem yang ada, belum bisa mendeteksi adanya kesamaan teks yang diajukan melalui paparan abstrak yang diberikan. Sistem yang ada menerima semua usulan yang diberikan dalam hal abstrak tanpa memberikan rekomendasi ke reviewer akan tingkat kesamaan usulan penelitian yang diajukan dengan penelitian yang ada. Menanggapi permasalahan yang ada dan untuk mewujudkan visi LPPM STMIK Amik Riau, maka perlu adanya sistem yang mampu memberikan rekomendasi bagi reviewer akan tingkat kesamaan teks melalui usulan abstrak penelitian yang diajukan oleh dosen STMIK Amik Riau. Tujuan dari penelitian ini adalah menerapkan algoritma Rabin-Karp pada website LPPM STMIK Amik Riau untuk mendeteksi tingkat kesamaan abstrak penelitian internal STMIK Amik Riau agar meminimalisir terjadinya penelitian yang plagiat. Selain berbasis website, sistem juga dapat diakses melalui perangkat mobile android.

Author Biography

Rahmaddeni - Rahmaddeni, STMIK Amik Riau

References

Ilham, Pasnur. Penerapan Algoritma Winnowing Untuk Mendeteksi Kemiripan Pada Karya Tulis Mahasiswa. Jurnal Inspiraton, Volume 7, Nomor 2, Desember 2017.

Jarwati, Antonius Cahya Prihandoko, Windy Eka Yulia R. Penerapan Algoritma Winnowing Pada Sistem Rekomendasi Penentuan Dosen Pembimbing Skripsi (Studi Kasus Program Studi Sistem Informasi), BERKALA SAINSTEK 2017.

Jody , Agung Toto Wibowo , Anditya Arifianto. Analsis dan Implementasi Algoritma Winnowing dengan Synonym Recognition pada Deteksi Plagiarisme untuk Dokumen Teks Berbahasa Indonesia, e-Proceeding of Engineering : Vol.2, No.3 Desember 2015.

Kusmawan, Putu Yuwono, Umi Laili Yuhana, Diana Purwitasari. Aplikasi Pendeteksi Penjiplakan Pada File Teks Dengan Algoritma Winnowing. Surabaya: Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi, Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya.

Nugroho, Eko. Perancangan Sistem Deteksi Plagiarisme Dokumen Teks Dengan Menggunakan Algoritma Rabin-Karp. Malang : Program Studi Ilmu Komputer, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Brawijaya.

Schleimer, Saul, Daniel S. Wilkerson, dan Alex Aiken. Winnowing: Local Algorithms for Document Fingerprinting. San Diego: In Proceedings of the ACM SIGMOD International Conference On Management Of Data. 2003.

Steven. Perancangan Program Aplikasi Pendeteksian Plagiarisme Dokumen Berbasis Teks Menggunakan Algoritma Rabin-Karp. Jakarta : Program Ganda Teknik Informatika dan ¬¬-Matematika, Universitas Bina Nusantara. 2009.

Published
2019-01-22
How to Cite
Rahmaddeni, R.-, Sazali, D., & Agustin, A. (2019). Sistem Pendeteksi Tingkat Kesamaan Teks pada Pengusulan Proposal Penelitian Internal Menggunakan Algoritma Rabin-Karp. SATIN - Sains Dan Teknologi Informasi, 4(2), 84-92. https://doi.org/10.33372/stn.v4i2.415