Optimalisasi visibilitas situs iLearning Journal Center (iJC) Pada Mesin Pencari Berbasis Search Engine Optimization (SEO) On Page

  • Indri Handayani STMIK Raharja
  • Erick Febriyanto STMIK Raharja
  • Muhammad Shofwatullah STMIK Raharja
Keywords: Optimalisasi, Search Engine, SEO On Page

Abstract

Kemajuan teknologi yang semakin canggih membawa setiap aspeknya, khusus kemajuan teknologi di bidang Teknologi Informasi. iLearning Journal Center (iJC) merupakan situs web yang menyediakan wadah untuk mengelola jurnal. Sehingga diperlukan optimalisasi visibilitas situs web agar diketahui dan terlihat oleh penulis atau peneliti-peneliti di indonesia, dan setiap artikel-jurnal di iJC perlu terpublikasi dengan rating yang lebih luas agar dapat meningkatkan jumlah artikel yang masuk. Oleh karena itu, perlu diterapkan teknik SEO Pada Situs web iLearning Journal Center (iJC) untuk mengatasi masalah-masalah tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu  Identifikasi masalah, Tinjauan literatur, Perancangan Teknik SEO On Page, Implementasi. Dengan  penelitian ini adalah penerapan teknik SEO Pada Halaman dapat meningkatkan halaman hasil mesin pencari (SERP) situs web di mesin pencari, volume dan kualitas lalu lintas kunjungan dari mesin pencari google meningkat, dan situs web iLearning Journal Center (iJC) telah berhasil terindeks oleh google pergi di halaman pertama dalam pencarian google dengan waktu kurang dari 3 bulan.

References

Hayaty, M., & Meylasari, D. (2018). Implementasi Website Berbasis Search Engine Optimization (SEO) Sebagai Media Promosi. Jurnal Informatika, 5(2), 295-300.

Maulini, R. (2018). Design of Searching System of Room Doctor and Patient Data at Hospital Based on Web Using Multi DBMS. Jurnal Ilmiah Esai, 5(2).

Ningrum, R. R. (2014). Implementasi Logika Fuzzy Dalam Penentuan Pola Penggunaan Energi Listrik Pada Suatu Gedung Berdasarkan Hasil Audit Energi. Jurnal Teknik, 3(1).

Podomi, V. V., Sumendap, S. S., & Runtuwene, A. (2018). MANFAAT PENGGUNAAN SEARCH ENGINE UNTUK SARANA BELAJAR SISWA DI PERPUSTAKAAN SMA NEGERI 9 MANADO. JURNAL ACTA DIURNA, 7(3).

Pratomo, A., Najwaini, E., Irawan, A., & Risa, M. (2019). OPTIMASI E-COMMERCE DENGAN PENERAPAN TEKNIK SEO (SEARCH ENGINE OPTIMIZATION) UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PADA UKM NIDA SASIRANGAN. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 1(1), 35-47.

Riyanto, A. (2018). ANALISIS DAN PENERAPAN SEARCH ENGINE OPTIMIZATION PADA WEBSITE MENGGUNAKAN METODE WHITE HAT SEO (STUDI KASUS DI PT. SURYAPUTRA ADIPRADANA). Jurnal Teknologi Informasi, 1(1).

Saputra, A., & Astuti, Y. (2018). Analisis Pengaruh Struktur HTML Terhadap Rangking Search Engine Result Page. Jurnal Mantik Penusa, 2(2).

Published
2019-06-27
How to Cite
Handayani, I., Febriyanto, E., & Shofwatullah, M. (2019). Optimalisasi visibilitas situs iLearning Journal Center (iJC) Pada Mesin Pencari Berbasis Search Engine Optimization (SEO) On Page. SATIN - Sains Dan Teknologi Informasi, 5(1), 27-35. https://doi.org/10.33372/stn.v5i1.448