Aplikasi Analisa Faktor PCA dan CFA Mempengaruhi Minat Calon Mahasiswa Masuk STMIK Amik Riau untuk Menentukan Strategi Promosi

  • Mardainis - STMIK Amik Riau
  • Junadhi - STMIK Amik Riau
  • M. Jamaris STMIK Amik Riau
Keywords: PCA, CFA, analisa faktor, calon mahasiswa, promosi.

Abstract

Setiap tahun akademik ada momen khusus, yaitu penerimaan mahasiswa baru. STMIK Amik Riau berharap terjadinya trend peningkatan jumlah mahasiswa baru untuk setiap tahun. Upaya yang telah dilakukan adalah melaksanakan promosi berupa pengenalan kampus secara gencar dan berkelanjutan, baik langsung menemui calon mahasiswa, melalui media elektronik, maupun melalui stimulus dengan kebijakan dan aturan yang sudah tersedia.  Walaupun promosi telah dilakukan secara terstruktur, terencana, dan masif, namun fakta menunjukkan penerimaan mahasiswa STMIK Amik Riau dalam 5 tahun terakhir terjadi perubahan secara gradual dan cenderung menurun, dengan angka adalah 2014 (250 mahasiswa), 2015 (310 mahasiswa), 2016 ( 150 mahasiswa), 2017 (163 mahasiswa), dan 2018  269 mahasiswa), dalam empat tahun terakhir kecenderungan minat mahasiswa terjadi penurunan sebesar 34%. Sayangnya, sampai saat ini belum ada upaya secara ilmiah mengindentifikasi aspek yang mempengaruhi minat calon  calon mahasiswa baru masuk ke STMIK Amik Riau. Penelitian dengan judul “AnalisaFaktor CPA dan CFA Mempengaruhi Minat Calon Mahasiswa  Masuk STMIK Amik Riau untuk Menentukan Strategi Promosi†dengan rumusan masalah bagaimana mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi calon mahasiswa baru dalam menetapkan perguruan tinggi dan program studi untuk merancang strategi promosi yang paling tepat. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui faktor analisa komponen utama dan analisa faktor konfirmasi yang mempengaruhi perilaku calon mahasiswa  dalam menetapkan perguruan tinggi tujuan, mengetahui hubungan antara faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku calon mahasiswa baru dalam memilih program studi dan mengetahui strategi paling baik untuk mendapatkan mahasiswa baru. Pengujian hipotesis guna mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku calon mahasiswa baru dalam menetapkan perguruan tinggi dan program studi, pada penelitian ini menggunakan alat analisis faktor dan cluster.  Adapun sumber data yang digunakan adalah data-data primer dan sekunder dari jumlah penerimaan mahasiswa, faktor-faktor yang mengarahkan calon mahasiswa mendaftar di STMIK Amik Riau. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa ngkatan 2018 yang terdiri dari 3 (tiga) program studi dengan jumlah 269 orang. Dari 269 orang tersebut diambil data sampel sebesar 60%. Faktor akan di telaah menggunakan Analisis Faktor Konfirmatori dan Analisis Komponen Utama. Landasan teori yang digunakan adalah sistem informasi, statistik dan analisa faktor-faktor. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan mampu memahami peluang promosi yang efektif sebagai alat untuk mengidentifikasi dimana perguruan tinggi memiliki potensi untuk dapat bersaing secara lebih menguntungkan dalam memperoleh jumlah mahasiswa baru yang meningkat dari tahun ke tahun. Penelitian ini menghasilkan aplikasi berbasis web yang dapat digunakan secara cepat, akurat, dan relevan.

References

 Agus, Widarjono. 2015. Analisis Multivariat Terapan. Yogyakarta : Penerbit UPP STIM YKPN.

 A.M, Sardiman. 2006. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

 Djaali. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

 Hilgard, ER. And Bower, G. H., 1975, Schemas Versus Mental Model In Human Memory, Chinester : John Wiley and Sons.

 Johnson, R. A. dan Winchern, D. W. 2007. Applied Multivariate Statistical Analysis. New Jersey: Prentice Hall.

 Lester & Alice Crow. 1984. Educational Psychology. Surabaya: Bina Ilmu (diterjemahkan oleh: drs. Z. Kasijan)

 Suryabrata, Sumadi. 2002. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Grafindo Perkasa Rajawali.

Published
2019-12-01
How to Cite
-, M., -, J., & Jamaris, M. (2019). Aplikasi Analisa Faktor PCA dan CFA Mempengaruhi Minat Calon Mahasiswa Masuk STMIK Amik Riau untuk Menentukan Strategi Promosi. SATIN - Sains Dan Teknologi Informasi, 5(2), 82-89. https://doi.org/10.33372/stn.v5i2.536