Pengukuran Kualitas Website Retail Fashion Urban Icon dengan Metode WebQual 4.0 dan E-S-Qual

  • Cynthia Hayat Universitas Kristen Krida Wacana Krida Wacana Christian University
  • Meilisa Ratnasari Simanjuntak Universitas Kristen Krida Wacana
Keywords: Webqual 4.0, E-S-Qual E-S-Qual, WQI, Kualitas Website, Retail Fashion

Abstract

Keterhubungan global melalui internet menyediakan akses ke dunia bisnis, salah satunya adalah sektor retail fashion. Agar dapat menjangkau konsumen dari berbagai lokasi, dapat bersaing dengan kompetitor dan konsumen merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan. Studi ini dilakukan untuk mengukur kualitas layanan Website Retail Urban Icon dengan menggunakan metode Webqual 4.0 dan E-S-Qual. Metode Webqual mengukur kualitas dari segi kenyamanan pengguna terhadap sistem sedangkan E-S-Qual tidak hanya mengukur dari segi kenyamanan pengguna terhadap sistem tetapi juga mengukur dari segi proses pembelian dan keamanan data pengguna. Yang menjadi variabel yang diteliti adalah dimensi-dimensi dari metode Webqual dan E-S-Qual. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif melalui Webqual Index (WQI). Hasil penelitian menunjukkan nilai kualitas Website Retail Urban Icon Urban Icon sebesar 0,761 berada pada kualitas baik dimana nilai WQI mendekati 1. Dalam meningkatkan nilai kualitas Website, pihak retail Urban Icon dapat fokus pada ddimensi Privacy atau yang berkaitan dengan keamanan data konsumen memiliki pengaruh besar terhadap kualitas Website dengan nilai WQI 0.81 dan dimensi effeciency atau yang berkaitan dengan kinerja kecepatan akses Website yang kurang berkontribusi terhadap kualitas Website dengan nilai WQI 0.72 dibandingkan dimensi lainnya.

References

Andesa, K., & Erlin. (2013). Pengembangan Sistem Pengelolaan Tugas Akhir Mahasiswa dengan Penerapan Teknologi Mobile (Studi Kasus pada Jurusan Teknik Informatika STMIK-AMIK Riau). Jurnal SATIN.

Astuti, A. P., & Sari, P. K. (2016). Analisis Kualitas Website LAZADA Indonesia Berdasarkan Metode Webqual 4.0 dan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Pengguna. E-Proceeding of Management.

Barnes, S., & Vidgen, R. (2002). An integrative approach to the assessment of e-commerce quality. Journal of Electronic Commerce Research.

Fatmala, W. S., Suprapto, & Rachmadi, A. (2018). Analisis Kualitas Layanan Website E-Commerce Berrybenka Terhadap Kepuasan Pengunjung Menggunakan Metode WebQual 4.0 dan Importance Performance Analysis (IPA). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer.

Frey, B. B. (2018). SPSS. In The SAGE Encyclopedia of Educational Research, Measurement, and Evaluation. https://doi.org/10.4135/9781506326139.n655

Furkonudin, Suryadi, E., & Darmanto. (2016). Evaluasi Kualitas Layanan Website E-Commerce Blibli.Com Menggunakan Metode Webqual 4.0 Terhadap Keputusan Pembelian Online. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Multimedia 2016.

Hafiz, A. (2017). Mengukur Kualitas Website dengan Pendekatan Webqual 4.0 Modifikasi. Prosiding Seminar Nasional Darmajaya.

Hinton, P. (2014). SPSS Explained. In SPSS Explained. https://doi.org/10.4324/9781315797298

Janet Arlita Rewa. (2019). Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Di Hotel Grand Aquila Bandung. Jurnal Manajemen Dan Bisnis (ALMANA).

Khairunnisa, K., & Wasiyanti, S. (2018). Pengukuran Kualitas Website Pemerintah Depok Terhadap Kepuasan Pengguna Dengan Metode Webqual 4.0. Swabumi. https://doi.org/10.31294/swabumi.v6i1.3314

Muhammad, S., Nugraha, H., & Prabawani, B. (2015). Pengaruh Promosi, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Kerudung RABBANI. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis S1 Undip.

Nugroho, A. K., & Sari, P. K. (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Website Tokopedia Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode Webqual 4.0. E-Proceeding of Management.

Pratama, Y. (2015). Pengukuran Kualitas Website CDC Universitas Telkom Menggunakan Metode WebQual 4.0. E-Proceeding of Engineering.

Putri, M. D., & Sumadhinata, Y. E. (2014). Pengaruh Kualitas PelayananJasa Terhadap Loyalitas Konsumen pada Hotel Grand Royal. Kewirausahaan Dan Inovasi Bisnis.

Ribadu, M. B., & Wan, W. N. (2019). An integrated approach towards Sharia compliance E-commerce trust. In Applied Computing and Informatics. https://doi.org/10.1016/j.aci.2017.09.002

Warjiyono, W., & Hellyana, C. M. (2018). Pengukuran Kualitas Website Pemerintah Desa Jagalempeni Menggunakan Metode Webqual 4.0. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer. https://doi.org/10.25126/jtiik.201852666

Wibowo, S., Setyanto, A., & Nasiri, A. (2018). Analisis Kualitas Website Universitas Amikom Yogyakarta Berdasarkan Persepsi Pengguna Internal Menggunakan Metode Webqual Modifikasi. Semnasteknomedia Online.

Yovina, F., & Saputri, M. E. (2016). Pengaruh Persepsi Kualitas , Persepsi Harga, Keterlibatan, Loyalitas, Familiaritas Dan Persepsi Resiko Terhadap Minat Beli Produk Private Label Pada Konsumen Carrefour Kiaracondong Bandung. EProceedings of Management.

Published
2020-12-21