Aplikasi Penitipan Hewan Peliharaan di Pet Shop Menggunakan Fitur Pembayaran Virtual Berbasis iOS

  • Rynetta Nugroho Politeknik Caltek Riau
  • Silvana Rasio Henim Politeknik Caltex Riau
Keywords: Pet, Pet Shop, Monitoring, iOS, Virtual Payment

Abstract

Hewan peliharaan banyak digemari karena selain bentuknya yang lucu, hewan peliharaan dapat menjadi teman sehari-hari manusia dan memberi ketenangan pikiran. Banyaknya manusia yang memiliki hewan peliharaan membuat perkembangan bisnis dalam bidang jasa untuk penitipan hewan sangat berkembang. Terutama pada musim liburan, jasa penitipan sangat diminati oleh para pemelihara hewan. Akan tetapi untuk mencari tempat penitipan hewan terpercaya membutuhkan waktu untuk mencarinya apalagi ketika Pet Shop yang biasa dikunjungi sedang penuh. Untuk itu dibangunlah sebuah aplikasi penitipan hewan peliharaan yang memudahkan pemilik hewan peliharaan melakukan monitoring hewan yang dititipkan. Aplikasi berbasis iOS ini dibangun menggunakan bahasa Swift dan MySQL Database serta Cloud Firestore pada fitur Real-Time Chat. Kemudian dengan menggunakan JSON API pembayaran secara virtual juga sudah dapat dilakukan. Hasil pengujian black box yang telah dilakukan menunjukkan bahwa aplikasi penitipan hewan telah berjalan dengan baik, kemudian berdasarkan pengujian usability testing kepada 30 responden didapatkan skor rata-rata SUS sebesar 87,13%. Hasil ini menunjukkan bahwa aplikasi yang dibangun dapat digunakan dengan mudah dan baik.

References

Hanafiah, A., Fitri, T. A., & Erlin. (2018). Implementasi Database Cluster dalam Pengelolaan Data Mahasiswa Menggunakan MySQL. SATIN - Sains dan Teknologi Informasi, 17.

Abdillah, N. (2017, 12 14). Sejarah Perkembangan iOS dari Awal. Diambil kembali dari pricebook: www.pricebook.co.id

Hamdani, F., & Ziveria, M. (2017). Aplikasi Pengingat Vaksinasi Hewan Berbasis Desktop pada Toko Hewan PamPam. Jurnal Sains dan Teknologi.

Kurniawati, P. (2018, 10 29). A Medium Corporation. Diambil kembali dari A Medium Corporation Web Site: https://medium.com/skyshidigital/pengujian-sistem-52940ee98c77

National Geographic Indonesia. (2019, Maret 17). Hewan Juga Punya 'Perasaan'.

Rahmaddeni, & Rio, U. (2014). Rancang Bangun Aplikasi Mobile Electronic E-Commerce (E-Commerce) Berbasis Android. Satin - Sains dan Teknologi Informasi, 2.

Ramdhani, J. (2019, January 23). Viral Husky Dimasukkan ke Karung Usai Mati. detikNews.

Rebecca. (2016, July 29). Diambil kembali dari Progress Tech Web Site: https://www.progresstech.co.id/blog/jenis-e-commerce/

Putri, R.A., Henim, S.R., & Sari, R.P. (2018). Analisis Usability Existing Product dan Development Product Menggunakan Pendekatan User Centered Design pada E-Commerce. Satin- Sains dan Teknologi Informasi, 2, 93-99.

Setyowibowo, S., & Mumpuni, I. D. (2016). Aplikasi Sistem Informasi One Stop Pet Shop berbasis Web pada Golden Pet. Jurnal Ilmiah Teknologi dan Informasia ASIA.

Tanuwijaya, E. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Penitipan Hewan Berbasis Android. Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi.

Published
2020-12-21
How to Cite
Nugroho, R., & Silvana Rasio Henim. (2020). Aplikasi Penitipan Hewan Peliharaan di Pet Shop Menggunakan Fitur Pembayaran Virtual Berbasis iOS. SATIN - Sains Dan Teknologi Informasi, 6(2), 118-127. https://doi.org/10.33372/stn.v6i2.674