Animasi Interaktif Pengenalan Tata Surya Untuk Mendukung Pembelajaran Siswa MI At-Taubah

  • Ifit Merli Trijayanti Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Nusa Mandiri
  • Hardiyan Universitas Bina Sarana Informatika
  • Mia Rosmiati Universitas Bina Sarana Informatika
Keywords: Animasi, Interatif, Tata Surya, Multimedia, ADDIE

Abstract

Mata pelajaran atau ilmu yang berkaitan dengan alam semesta seperti Pengenalan Tata Surya memang sulit dimengerti oleh para siswa di Sekolah Dasar karena jarang dijumpai di kehidupan sehari-hari. Dalam dunia pendidikan saat ini khususnya di Sekolah Dasar materi pelajaran semakin banyak dan berkembang sehingga membutuhkan adanya suatu program pembelajaran yang Interaktif dan Komunikatif. Dalam proses pembelajaran seorang guru harus bisa melakukan inovasi terhadap cara penyampaian materi terutama materi pelajaran yang dianggap sulit oleh siswa. Salah satu cara yang cukup efektif dalam melakukan pembelajaran mengenai tata surya adalah dengan menggunakan media pembelajara berupa animasi interaktif. Salah satu perangkat lunak yang mendukung dalam pembuatan Animasi Interaktif adalah Adobe Flash Profesional CS6 dan Adobe Photoshop CS5. Tujuan dari pembuatan Animasi Tata Surya ini adalah sebagai sarana informasi bagi siswa Sekolah Dasar untuk mengenal Tata Surya yang terdapat di alam semesta ini sehingga siswa Sekolah Dasar lebih tertarik dalam proses belajar. Animasi yang diterapkan merupakan gabungan dari komponen-komponen berupa gambar, suara dan teks. Metode yang digunakan dalam pembuatan animasi interaktif ini adalah metode ADDIE (Analysis, Design, Development, Evaluation).

References

Anardani, S., & Kurniawati, I. D. (2018). Pengembangan Animasi Interaktif Pembelajaran Galaksi Tata Surya Dengan Pemodelan Luther. 3.

Astuti, I. A., Harwanto, A., & Hidayat, T. (2019). Pengembangan Media Interaktif Pengenalan Sistem Tata Surya Menggunakan Framework Mdlc. Jurnal Eksplora Informatika, 8(2), 158–166. Https://Doi.Org/10.30864/Eksplora.V8i2.220

Hardiyan, H., & Fajriyah, I. (2017). Animasi Interaktif Berbasis Multimedia Dalam Mempelajari. Swabumi, 5(2), 2015–2018.

Hidayatun, N., Rosmiati, M., & Purnama, M. R. (2018). Animasi Interaktif Berbasis Android Untuk Mengenal Huruf Hiragana Katakana. 10(1), 22–28.

Janti, S. (2017). Animasi Edukasi Interaktif Tes Kemampuan Konsentrasi Dengan Permainan Tebak Warna. Jurnal Teknik Komputer Amik Bsi, Iii(1), 106–113.

Lubis, B. O., Taufiq, G., Salim, A., & Santoso, B. (2020). Penerapan Model Iteratif Pada Animasi Edukatif Pengenalan Aksara Mandailing Sebagai Pelestarian Warisan Budaya Bangsa. Satin – Sains Dan Teknologi Informasi, 6(2). Https://Doi.Org/10.33372/Stn.V6i2.665

Retnoningsih, E. (2016). Metode Pembelajaran Pengenalan Tata Surya Pada Sekolah Dasar Berbasis Computer Based Instruction ( Cbi ). 3(1), 194–204.

Ritonga, A. A., Bangun, B., Pane, R., & Purnama, I. (2020). Perancangan Program Animasi Interaktif Pengenalan Tata Surya Dengan Menggunakan Adobe Flash Professional Cs6 (Studi Kasus Sd Swasta Sripinang). Journal Of Computer Science And Information Technology (Jcoint), 1(November), 19–27.

Rosmiati, M. (2019). Animasi Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Metode Addie. Paradigma, Xxi(2), 261–268. Https://Doi.Org/10.31294/P.V20i2

Yamani, A. Z., Adiwihardja, C., & Palasara, N. (2019). Satin – Sains Dan Teknologi Informasi Game Edukasi Marbel Tajwid. Satin – Sains Dan Teknologi Informasi, 5(2).

Published
2021-06-17