Perancangan Sistem Indek Kepuasan Pelanggan Pemakaian Lapangan Futsal Menggunakan Metode Scoring System

  • Karpen STMIK Amik RiauJurusan Teknik Informatika
  • Anwar Siregar STMIK Amik Riau
  • Susandri STMIK Amik Riau
Keywords: Indeks kepuasan pelanggan Layanan Scoring system Pemakaian Pelanggan

Abstract

Kepuasan pelanggan  akan menjadi prioritas utama, jika kegiatan yang dilakukan berupa jasa atau penyedia layanan. Selama ini pelanggan merasakan layanan yang diberikan oleh Elang Futsal kurang memuaskan, seperti kondisi lapangan dan kamar mandi yang kotor. Untuk menjaga agar para pelanggan terus memakai lapangannya, Elang Futsal harus memperbaiki layanannya. Untuk itu perlu dibuat perancangan sistem yang bisa mengetahui indek kepuasan pelanggan. Indek kepuasan pelanggan merupakan isian kuisioner mengenai layanan yang ada di Elang Futsal berupa pertanyaan yang diberikan kepada pelanggan sebanyak 35 orang. Untuk memperoleh indek kepuasan pelanggan digunakan metode Scoring System, yaitu metode yang memberikan penilaian berupa skala skor, sebagai norma pembanding mengenai harapan dan kenyataan yang sesuai katagorinya, tidak puas, puas dan sangat puas. Hasil pengujian dengan aplikasi sistem,  indek kepuasan pelanggan kategori tidak puas dengan nilai kecil 49, puas kecil 71 dan sangat puas kecil 105. Hasil penghitungan tersebut bisa menjadi pedoman manajemen Elang Futsal untuk meningkatkan pelayanannya.

References

Adiguna, A. R., Saputra, M. C., & Pradana, F. (2018). Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Manajemen Gudang Pada Pt Mitra Pinasthika Mulia Surabaya. 2(2), 612–621.

Akbar, M. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pengunjung Wisata Kampung Kidz Kota Batu). 2(2), 1–19.

Andayani, N. R., Batam, P. N., & Batam, P. N. (2019). Analisis Kepuasan Pelanggan Terhadap Kualitas. 3(1), 119–131.

Anggraeni, D. P. (2019). Pelanggan ( Survei Pada Pelanggan Nasi Rawon Di Rumah Makan Sakinah Kota Pasuruan ). 37(1), 171–177.

Armanto, I. D. (2018). Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana , Bali , Indonesia Perkembangan Teknologi Komunikasi Di Indonesia Saat Ini Semakin Canggih Dalam Kehidupan Masyarakat Yang Menggunakan Dan Tidak Dapat Dihindarkan . Bertambahnya Banyaknya Masyarakat Yang Men. 7(3), 1282–1309.

Dedei Fahmansyah, I. H. (2018). Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Kabupaten Hulu Sungai Utara Measurement Of Community Satisfaction Index ( Csi ) Health Services In Health. 6(2). Https://Doi.Org/10.20473/Jaki.V6i2.2018.189-196

Hermayanti, P., Purba, A. B., & Lenggana, U. T. (2017). Implementasi Metode Scoring System Sebagai Paramater Dalam Memahami Kajian Ilmu Tasawuf Berbasis Android. 2(2), 92–101. Https://Doi.Org/10.15575/Join.V2i2.110

Hymy, B., Tanoto, S., Psi, S., Extn, M. C., Bisnis, J. M., & Petra, U. K. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Pt Hastaco Tour And Travel. 7(1).

Junadhi, A. (2018). Satin – Sains Dan Teknologi Informasi Sistem Layanan Pesan Pijat Online Di Kota Pekanbaru (Sislappo). 4(1), 37–43.

Maulana, A. S. (20017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pt . Toi. 7(2), 113–125.

Nurfarida, I. N. (2019). Pengukuran Indeks Kepuasan Pelanggan Untuk Peningkatan Kualitas Layanan. 11(2), 135–146.

Redi Cahyadi, A. Y. (2018). Sistem Pengambilan Keputusan Pencairan Kredit Dengan Metode Scoring System Pada Koperasi Mukti Resik Kota Tasikmalaya. 01(01), 211–220.

Rini Asmara, S.Kom, M. K. (2016). Sistem Informasi Pengolahan Data Penanggulangan Bencana Pada Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (Bpbd ) Kabupaten Padang Pariaman (D. 2016, Ed.; Vol 3 No 2, Vol. 3, Issue June). 2016.

Rometdo Muzawi, Rahmaddeni, A. (2017). Satin – Sains Dan Teknologi Informasi Perancangan Aplikasi Berbasis Client Server Dalam Mengupload File - File Ujian Pada Laboratorium Komputer Stmik Amik Riau. 3(1).

Sains, S., & Febrina, W. (2020). Pemodelan Unified Modelling Language ( Uml ) Dalam Pembuatan Aplikasi Data Penduduk. 06(2), 57–66. Https://Doi.Org/10.33372/Stn.V6i2.668

Sains, S., Sugihartono, T., Rian, R., & Putra, C. (2020). Analisis Kepuasan Pengguna Menggunakan Technology Acceptance Model Pada Sistem Pelayanan Publik. 06(2), 98–102. Https://Doi.Org/10.33372/Stn.V6i2.651

Suendri. (2018). Implementasi Diagram Uml (Unified Modelling Language) Pada Perancangan Sistem Informasi Remunerasi Dosen Dengan Database Oracle (Studi Kasus: Uin Sumatera Utara Medan). Jurnal Ilmu Komputer Dan Informatika, 3(1), 1–9.

Wira, D., Putra, T., & Andriani, R. (2019). Unified Modelling Language ( Uml ) Dalam Perancangan Sistem Informasi Permohonan Pembayaran Restitusi Sppd. 7(1).

Published
2021-06-15