Perancangan Strategi E-Commerce untuk Usaha Kecil Menengah (Studi Kasus Kafe XYZ Surabaya)

  • Riza Akhsani Setyo Prayoga Institut Teknologi Telkom Surabaya
  • Asep Syahrul Mubarok Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
Keywords: SWOT E-Commerce Balanced Scorecard Kafe Teknologi Informasi

Abstract

Pemanfaatan E-Commerce merupakan langkah strategis guna meningkatkan keuntungan maupun pemasaran terutama saat diterapkan di Usaha Kecil Mikro pada sebuah kafe. Tujuan dari penelitian ini adalah mencari sebuah solusi dari permasalahan yang dihadapi oleh Kafe XYZ terkait pemasaran yang masih belum menggunakan E-Commerce serta pelaporan keuangan yang masih belum menggunakan teknologi informasi sehingga terkadang terjadi kehilangan data yang menghambat proses bisnis pada kafe tersebut. Penelitian ini menganalisa strategi teknologi informasi,  menganalisa strategi bisnis dan membantu implementasi E-Commerce dengan menggunakan metode SWOT (Strenghts, Weakness, Opportunities, Threats). Kemudian, digunakan metode Balanced Scorecard untuk menganalisa semua faktor internal dari semua perspektif dan menggunakan analisa Mc Farlan yang digunakan untuk mengkategorikan kebutuhan-kebutuhan teknologi informasi yang sesuai prioritas. Selanjutnya, metode yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu wawancara dan observasi secara langsung ke kafe tersebut. Dari hasil penelitian, didapatkan sebuah usulan kebutuhan aplikasi dan teknologi yang dapat diterapkan pada Kafe XYZ yang berguna menunjang proses bisnis serta meningkatkan nilai lebih pada kafe tersebut.

References

-
Published
2021-12-29