Rancang Bangun Alat Bantu Ajar Matematika pada Materi Bangun Ruang Berbasis Multimedia ( Study Kasus SMP Negeri 01 Bangkinang Seberang)

  • Erleni - Jurusan Teknik Informatika STMIK AMIK Riau
  • Triyani Arita Fitri Jurusan Teknik Informatika STMIK AMIK Riau
Keywords: Alat Bantu, Pembelajaran, Matematika, Bangun Ruang, Multimedia

Abstract

Matematika adalah ilmu universal yang mendasari perkembangan teknologi modern. Salah satu materi dalam matematika adalah bangun ruang. Bangun ruang adalah bagian ruang yang dibatasi oleh himpunan titik-titik yang terdapat pada seluruh permukaan bangun tersebut. Metode pembelajaran konvensional yang biasa diterapkan di kelas memiliki keterbatasan , yaitu kesulitan dalam menjelaskan hal-hal yang bersifat abstrak, interaktif dan lebih cenderung berpusat pada guru sehingga siswa menjadi pasif. Pembelajaran yang seperti itu membuat siswa cenderung mengikuti arah pikiran guru dimana siswa harus belajar menurut kecepatan guru. Dengan perkembangan teknologi saat ini dapat dipadukan metode pembelajaran konvensional dan pembelajaran berbasis multimedia. Dimana guru diharuskan untuk memberdayakan komputer sebagai media pembelajaran . Pemanfaatan multimedia sebagai alat bantu ajar matematika pada materi bangun ruang yang didalamnya akan mempelajari sifat, luas, keliling, dan volume bangun ruang dan juga terdapat evaluasi dari setiap bangun ruang. Perancangan media Pembelajaran ini melengkapi penggambungan media gambar, suara, teks, dan animasi sehingga siswa tidak jenuh dan bosan dalam belajar matematika. Aplikasi ini memiliki teknik-teknik pembuatan animasi, pengoperasian tools yang sederhana dan disertai dengan action script untuk mempermudah para penggunanya.
Published
2016-06-23
How to Cite
-, E., & Fitri, T. A. (2016). Rancang Bangun Alat Bantu Ajar Matematika pada Materi Bangun Ruang Berbasis Multimedia ( Study Kasus SMP Negeri 01 Bangkinang Seberang). SATIN - Sains Dan Teknologi Informasi, 1(1), 10-19. https://doi.org/10.33372/stn.v1i1.8