Rekayasa Ulang Proses Bisnis Dalam Pelaksanaan Ujian Menggunakan Sistem E-Learning (Studi Kasus FISIP Unjani)

  • Tri Widiastuti STMIK LIKMI Bandung
Keywords: Reengenering

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari proses bisnis yang dijalankan pada pelaksanaan ujian di FISIP Unjani masih bersifat konvensional, perlu dilakukan perubahan proses bisnis untuk mengikuti perkembangan zaman dimana semua proses pendidikan sudah menggunakan teknologi informasi. Dengan metode rekayasa ulang proses bisnis pelaksanaan ujian dapat dilakukan dengan menggunakan sistem e-learning berbasis moodle dimana tujuannya adalah untuk menghasilkan proses waktu yang lebih cepat, pemangkasan proses, dan mengurangi SDM dalam proses bisnis serta biaya yang hanya sedikit. Dibanding dengan proses manual yang memakan proses yang panjang dan lama dalam persiapan ujian, dan dibutuhkan juga SDM yang sangat banyak dalam pelakasanaanya, serta biaya yang tidak sedikit. Hasil dari perbandingan waktu dari proses manual dengan perubahan proses bisnis menggunakan metode rekayasa ulang proses proses bisnis terlihat jelas bahwa sebelum dilakukan rekayasa ulang proses bisnis waktu yang diperlukan untuk kegiataan pelaksanaan ujian selama 5 jam 40 menit, setelah dilakukan rekayasa ulang proses bisnis menggunakan sistem e-learning waktu yang diperlukan hanya 1 jam 30 menit, dengan demikian dari sisi waktu banyak pemangkasan pekerjaan yang tidak perlu dilakukan dan menghasilkan waktu yang signifikan sehingga pekerjaan menjadi lebih efektif dan efisien serta hasil pelaksanaan ujian dengan metode rekayasa ulang proses bisnis dimana salah satu tujuannya adalah melakukan perubahan secara radikal dianggap berhasil.

References

Alijoyo, Antonius. “Organisasi Dan Proses Bisnis Konsep, Teori Dan Praktik.” In , 1–96.
Apriantoni, Indah Lestari, and Dadang Syarif. 2021. “Rekayasa Ulang Sistem Informasi Beasiswa IKAPCR.” 1(10): 790–98.
Chandra, Andy Lieman, and Yuswono Hadi. 2017. “Analisis Dan Rekayasa Proses Bisnis Pada Bagian Layanan Akademik Di Sekretariat Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas Ma Chung.” 12(3): 161–70.
Effendi, Noverta. 2018. “SATIN – Sains Dan Teknologi Informasi Penerapan Jaringan Syaraf Tiruan Untuk Memprediksi Efektifitas Pembelajaran Dengan E-Learning Di Universitas Muhammadiyah Riau.” 4(1): 1–10.
Hammer, Michael, James Champy. 1993. “Reengineering the Corporation: A Manifesto For Business Revolution, Harper-Collins Publisher, Inc., New York.”
Hayat, Cynthia, and Universitas Kristen Krida. 2019. “SATIN – Sains Dan Teknologi Informasi Rancang Bangun Prototipe Aplikasi Penunjang Keputusan Joint Venture Dengan Metode Analytical Hierarchy Process ( Studi Kasus : CV . ABC ).” 5(2).
Irfan, Pahrul, Lalu Zazuli, and Azhar Mardedi. 2018. “Rekayasa Ulang Proses Bisnis Pembayaran Biaya Pendidikan Pada STMIK Bumigora Mataram.” (November): 481–90.
Maharani, Ria, and Lusi Fajarita. 2018. “Membangun Sistem Informasi Penilaian Pada SMK Kartika X-2 Guna Meningkatkan Layanan Akademik.” : 120–25.
Nadziroh, Faridatun. 2017. “Analisa Efektifitas Sistem Pembelajaran.” 2(1): 1–14.
Nasukah, Binti. 2019. “Reengineering (Rekayasa Ulang) Dan Penerapannya Pada Institusi Pendidikan.” 4(1): 50–75.
Sefriani, Rini, and Rina Sepriana. 2020. “Pengembangan Media E-Learning Berbasis Schoology Pada Pembelajaran Kurikulum Pendididkan Teknologi Dan Kejuruan.” 2(1): 8–14.
Sugiyono. 2006. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D.” : 326–29.
Published
2022-06-30