Sistem Pakar Menggunakan Forward Chaining dan Certainty Factor Untuk Diagnosa Kerusakan Smartphone

  • Refli Noviardi Upi yptk padang
Keywords: sistem pakar, kecerdasan buatan

Abstract

Seiring berjalannya waktu perkembangan Smartphone semakin meningkat dan fasilitas – fasilitasnya pun semakin banyak dan berkembang, kerusakan yang terjadipun juga sering terjadi. Sehingga terjadinya kepadatan orang untuk melakukan service di berbagai tempat. Sistem pakar diagnosa dilakukan dengan tujuan agar membantu proses diagnosa kerusakan  pada smartphone agar tidak memerlukan waktu lama untuk memastikan diagnosa lebih lanjut. Dengan menggunakan metode forward chaining dan certainty factor, dimulai dengan informasi yang ada berupa data real lalu digabungkan menjadi sebuah rule untuk menghasilkan suatu kesimpulan. Hasil yang disimpulkan berdasarkan metode forward chaining dan certainty factor bisa mencapai kecocokan tingkat sebesar 73,33% dibandingkan dengan hasil yang didapatkan oleh pakar. Angka tersebut sudah menunjukkan bahwa metode ini cocok untuk membantu masyarakat.

References

Sdeek R.S., Saracoglu R. A Mobile Expert System Application for Solving Personal Computer Problems. 2017:174.
Lestari J. Analisis Sistem Deteksi Kerusakan Komputer Dengan Menggunakan Metode Forward Chaining. 2016:20.
Hayadi B.H., Rukun K., Wulansari R.E., Herawan T., Dahliusmanto, Setiawan D., Safril. Expert System of Quail Deseas Diagnosis Using Forward Chaining Method. 2017:208.
Yuwono D.T., Fadlil A., Sunardi. Penerapan Metode Forward Chaining dan Certainty Factor Pada Sistem Pakar Diagnosa Hama Anggrek Ceologyne Pandurata.
Wulandari I. dan Destiani D. Perancangan Sistem Pakar Diagnosis Kerusakan Televisi Bewarna. 2015.
Hayadi, H. B. Sistem Pakar Penyelesaian Kasus Menentukan Minat Baca, Kecenderungan dan Karakter Siswa dengan Metode Forward Chaining. 2016.Yogyakarta : Deepublish
Kusrini. Aplikasi Sistem Pakar . 2008. Yogyakarta :ANDI.
Kusrini. Aplikasi Sistem Pakar Menentukan Faktor Kepastian Pengguna dengan Metode Kuantifikasi Pertanyaan. 2008. Yogyakarta :ANDI.
Rosnelly, R.2012.Sistem Pakar Konsep dan Teori.Yogyakarta :Andi.
Suyanto. Artificial Intelligence. 2015.Bandung:Informatika.
Tamin, R. Sistem Pakar untuk Diagnosa Kerusakan Pada Printer Menggunakan Metode Forward Chaining.2015: Vol.1, No.1, ISSN: 2442 – 4512, 2015
Terrena, P.A., Setiawan, S. B., Huda, Rabbani, Muhammad dan Wulandari, Lily. Aplikasi Sistem Pakar Pendeteksi Kerusakan Pada Smartphone. 2014.
Maradhon, A.M., Eviyanti, A. Sistem Pakar Diagnosa Kerusakan Pada AC Split dengan Metode Certainty Factor Berbasis Web.2015
Malyaningrum, A. (2013). ”Aplikasi Sistem Pakar Diagnosis Pada Sistem Komputer”.
Wibowo, A.P.Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Kerusakan Televisi dengan Metode Forward Chaining Menggunakan PHP dan MYSQL. 2015.
Yudatama U. Sistem Pakar untuk Diagnosis Kerusakan Mesin Mobil Panther Berbasis Mobile. 2008.
Published
2022-06-29
How to Cite
Noviardi, R. (2022). Sistem Pakar Menggunakan Forward Chaining dan Certainty Factor Untuk Diagnosa Kerusakan Smartphone. SATIN - Sains Dan Teknologi Informasi, 8(1), 147-156. https://doi.org/10.33372/stn.v8i1.858