Penerapan Metode Collaborative Filtering Dan Knowledge Item Based Terhadap Sistem Rekomendasi Kamera DSLR

  • Romindo Universitas Pelita Harapan
  • Jefri Junifer Pangaribuan Universitas Pelita Harapan
  • Okky Putra Barus Universitas Pelita Harapan
  • Jusin Universitas Pelita Harapan
Keywords: Sistem Informasi, Pemilihan Kamera, Collaborative Filtering, Knowledge Item Based

Abstract

Sistem rekomendasi adalah sistem yang dibuat dengan tujuan untuk membantu pengguna dalam mengetahui item yang diminati oleh mereka. Sistem rekomendasi banyak diimplementasikan di marketplace, sosial media dan untuk tujuan lainnya. Salah satu proses yang membutuhkan sistem rekomendasi adalah pada proses pemilihan kamera. Pemilihan kamera untuk fotografer yang belum berpengalaman menggunakan kamera menjadi salah satu permasalahan yang cukup penting dikarenakan banyaknya kamera yang bermunculan hingga saat ini. Proses pemilihan kamera biasanya dilakukan dengan bertanya kepada fotografer senior yang sudah terjun lama dalam bidang fotografi agar diberikan rekomendasi terkait kamera yang sesuai dengan kriteria. Proses konvensional tersebut tentunya akan memakan waktu yang sangat lama. Oleh karena permasalahan tersebut, maka perlu dilakukan penelitian untuk sebuah sistem informasi rekomendasi pada proses pemilihan kamera. Pada penelitian ini akan diterapkan 2 metode rekomendasi yaitu metode Collaborative Filtering dan Knowledge Item Based. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem informasi rekomendasi kamera DSLR yang dibangun menerapkan metode Collaborative Filtering dan Knowledge Item Based dalam memberikan rekomendasi prediksi pilihan kamera berdasarkan pola rating dari user lainnya.

References

Adrianto, S., & Pratiwi, F. (2017). Peningkatan Jumlah Mahasiswa melalui Promosi dengan Penerapan Analisa Data Mining. SATIN - Sains dan Teknologi Informasi, 29-37.
Alsagheer, R. H., Alharan, A. F., & Al-Haboobi, A. S. (2017). Popular Decision Tree Algorithms of Data Mining Techniques: A Review. International Journal of Computer Science and Mobile Computing, VI(6), 133-142.
Aminudin, & Alwi, M. (2018). Analisa Multithreading Pada Sistem Rekomendasi Menggunakan Metode Collaborative Filtering Dengan Apache Mahout. Jurnal Techno.Com, 17(1).
Desyanti, D. (2018). Penerapan Data Mining Algoritma C4.5 untuk Mengetahui Tingkat Kepuasan Konsumen di Hotel Grand Zuri Dumai. SATIN - Sains dan Teknologi Informasi, 36-40.
Diah, I., Rahmad, I. F., & Saleh, A. (2019). Implementasi Recommender System Pada Pemilihan Kamera Menggunakan Content Based dan Collaborative Filtering. IT Journal, 7(1).
Kurniawan. (2015). Penerapan Metode Knowledge Based Recommendation dan Forward Chaining Untuk Aplikasi E-Commerce. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Kurniawan, A. (2016). Sistem Rekomendasi Produk Sepatu Dengan Menggunakan Metode Colaborative Filtering. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi 2016 (SENTIKA 2016). Yogyakarta: Rudang Mayang.
Laksana, E. A. (2015). Collaborative Filtering dan Aplikasinya. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan, 1(1).
Muliadi, K., & Lestari, C. (2019). Rancang Bangun Sistem Rekomendasi Tempat Makan Menggunakan Algoritma Typicality Based Collaborative Filtering. Jurnal Techo.Com, 18(4), 275-287.
Pourshahid, A., & Tran, T. (2007). Modeling trust in e-commerce: an approach based on user requirements. Proceedings of the ninth international conference on Electronic commerce. New York: Association for Computing Machinery.
Prasetya, C. S. (2017). Sistem Rekomendasi Pada E-Commerce Menggunakan K-Nearest Neighbor. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK), 4(3).
Prasetyo, B., Haryanto, H., Astuti, S., Astuti, E. Z., & Rahayu, Y. (2019). Implementasi Metode Item-Based Collaborative Filtering dalam Pemberian Rekomendasi Calon Pembeli Aksesoris Smartphone. Jurnal Eksplora Informatika, 9(1).
Romindo, R. (2022). Penerapan Algoritma Apriori Terhadap Perancangan Sistem Informasi Dalam Analisis PenjualanBahan Bangunan. SATIN - Sains dan Teknologi Informasi, 01-11.
Setiawan, Y., Nurwanto, A., & Erlansari, A. (2019). Implementasi Item Based Collaborative Filtering Dalam Pemberian Rekomendasi Agenta Wisata Berbasis Android. Jurnal Pseudocode, 6(1).
Wijaya, A., & Alfian, D. (2018). Sistem Rekomendasi Laptop Menggunakan Collaborative Filtering dan Content Based Filtering. Jurnal Computech & Bisnis, 12(1).
Published
2022-12-15
How to Cite
Romindo, Jefri Junifer Pangaribuan, Okky Putra Barus, & Jusin. (2022). Penerapan Metode Collaborative Filtering Dan Knowledge Item Based Terhadap Sistem Rekomendasi Kamera DSLR. SATIN - Sains Dan Teknologi Informasi, 8(2), 89-100. https://doi.org/10.33372/stn.v8i2.883