Sistem Pakar Diagnosa Penyakit dan Hama Tanaman Kakao Dengan Metode Certainty Factor

  • Minarni Institut Teknologi Padang
  • Engla Novira Institut Teknologi Padang
  • Eva Yulianti Institut Teknologi Padang
  • Ganda Yoga Swara Institut Teknologi Padang
Keywords: Sistem Pakar; Diagnosa; Certainty Factor; Kakao

Abstract

Kakao (Theobroma cacao. L) merupakan tanaman perkebunan yang memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Biji kakao mulai dihasilkan pada saat  berumur 18 bulan yang nantinya akan diproses menjadi coklat dalam bentuk bubuk. Beberapa tahun terakhir terjadi penurunan produksi tanaman kakao, yang disebabkan adanya serangan hama dan penyakit. Kurangnya pengetahuan petani tentang penyakit dan hama yang memiliki beberapa gejala yang sama, serta jumlah dan waktu kerja penyuluh terbatas mengakibatkan penanganannya menjadi terhambat. Untuk mengatasi persoalan ini dibangun sebuah sistem dengan mengimplementasikan metode Certainty Factor (CF) untuk mendiagnosis penyakit atau hama yang dialami oleh tanaman kakao. Penelitian ini menghasilkan suatu sistem pakar diagnosis tanaman kakao terdiri dari 6 penyakit dan 4 hama dengan 68 gejala. Hasil diagnosis menyatakan sistem memiliki kecocokan dengan pakar sebesar 93,33% pada 30 data uji. Ini membuktikan sistem mampu mendiagnosa penyakit dan hama tanaman kakao dengan baik. Dengan dibangunnya sistem ini diharapkan dapat dimanfaatkan oleh petani dalam mendiagnosis penyakit dan hama tanaman kakao, sehingga dapat melakukan penanganan lebih awal sehingga  produktivitas tanaman kakao dapat meningkat.

Author Biography

Ganda Yoga Swara, Institut Teknologi Padang

Teknik Informatika

References

Aldo, D., & Ardi, A. (2019). Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Limfoma dengan Metode Certainty Factor. Sains Dan Teknologi Informasi, 5(1), 60–69.

Ariningsih, E., Purba, H. J., Sinuraya, J. F., Suharyono, S., & Septanti, K. S. (2019). Kinerja industri kakao di Indonesia.

Cefrian, Z. A. A. (2019). Pengaruh Komposisi Media Tanam Terhadap Pertumbuhan Bibit Kakao (Theobroma cacao L.). Universitas Andalas.

Hafshah, H., Hadisuwito, A. S., & Khairina, D. M. (2019). Pendeteksi Gangguan Jaringan Lokal Menggunakan Metode Certainty Factor. Informatika Mulawarman: Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, 13(2), 60–64.

Indarwati, S. A., & Susilawati, I. (2022). Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Pada Tanaman Cabai Merah Menggunakan Metode Certainty Factor Dan Weighted Berbasis Web. Journal Of Information System And Artificial Intelligence, 2(2), 56–63.

Iqbal, I. K., & Ihsan, M. I. (2022). Application Of The Certainty Factor Method For Diagnose Palm Oil Disease Web-Based. Jurnal Teknik Informatika (JUTIF), 3(3), 581–590.

Maryani, Y., & Daniati, C. (n.d.). Buku Saku Hama dan Penyakit Tanaman Kakao. Direktorat Perlindungan Perkebunan.

Narulita, D., & Yuhandri, Y. (2021). Sistem Pakar Dalam Menganalisis Tingkat Akurasi Keparahan Penyakit Erosi Gigi Menggunakan Metode Certainty Factor. Jurnal Informasi Dan Teknologi, 239–244.

Noviardi, R. (2022). Sistem Pakar Menggunakan Forward Chaining dan Certainty Factor Untuk Diagnosa
Published
2022-12-15
How to Cite
Minarni, Novira, E., Yulianti, E., & Yoga Swara, G. (2022). Sistem Pakar Diagnosa Penyakit dan Hama Tanaman Kakao Dengan Metode Certainty Factor. SATIN - Sains Dan Teknologi Informasi, 8(2), 79-88. https://doi.org/10.33372/stn.v8i2.901