Perancangan Rule-Based Classification bagi Guru Baru Teknik Informatika

  • Ary Ramadhan Universitas Negeri Padang
  • Asrul Huda Universitas Negeri Padang
  • Syerlie Annisa Universitas Negeri Padang
  • Irman Efendi AMIK Bukittinggi
Keywords: Aturan; Kualifikasi; Guru baru; Teknik informatika; Rule-based classification

Abstract

Guru dan dosen memiliki kewajiban untuk menetapkan kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikat pendidik, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional (Peraturan Pemerintah, 2005). Guru Teknik Informatika yang belum mengetahui kualifikasi konsentrasi secara ilmiah cenderung mengajar pada bidang konsentrasi yang salah. Hal ini didapatkan berdasarkan wawancara dengan beberapa guru Teknik Informatika yang menyatakan bahwa alasan mengajar pada konsentrasi yang tidak sesuai bidang keilmuannya dikerenakan tidak mengetahui konsentrasi apa yang dikuasai. Penelitian ini bertujuan untuk memetakan kualifikasi guru jurusan Teknik Informatika sesuai dengan kompetensi yang dimiliki pada masa yang akan datang. Penelitian ini menggunakan jenis klasifikasi rule-based classification untuk menemukan fungsi prediksi yang mengelompokkan guru berdasarkan kualifikasi. Rule-based classification dapat mengklasifikasi sejumlah sentimen dengan menggunakan aturan yang dapat dibentuk sesuai kondisi yang dibutuhkan dalam penelitian. Berdasarkan aturan tersebut, dapat diketahui pengklasifikasian guru baru jurusan Teknik Informatika dibagi ke dalam tiga konsentrasi, yaitu Multimedia, Rekayasa Perangkat Lunak, dan Teknologi Komputer. Rule yang digunakan terdiri dari 21 rule yang telah dikembangkan bersama professional yang memiliki kompetensi dibidangnya. Berdasarkan hasil uji efektivitas rule yang dikembangkan terlihat dari capaian keberhasilan pengkualifikasian terhadap 30 orang responden.

References

Annisa, S., Azizah, J., & Tambunan, L. (2021). Perancangan dan Implementasi Sistem Informasi Akuntansi Berbasis Web Dalam Upaya Meningkatkan Transparansi dan Akuntabilitas. SATIN - Sains Dan Teknologi Informasi, 7(2), 44–52. https://doi.org/10.33372/stn.v7i2.756
Kurniawati, H., Latifah, K., & Fahmi, S. (2020). SISTEM INFORMASI PENJADWALAN PERAWATAN LCD BERKALA BERBASIS WEB DENGAN METODE RULE BASED DI UPT TIK UNIVERSITAS PGRI SEMARANG. Science And Engineering National Seminar 5(SENS 5)-Semarang, 5(Sens 5), 291–298. http://conference.upgris.ac.id/index.php/sens/article/view/1583/720
Maulipaksi, D. (2016). 7 Provinsi Raih Nilai Terbaik Uji Kompetensi Guru 2015. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1. kemdikbud.go.id/main/blog/2016/01/7-provinsi-raih-nilai-terbaik-uji-kompetensi-guru-2015
Peraturan Pemerintah. (2005). Undang-Undang Republik Indonesia (pp. 1–8). https://drive.google.com/file/d/1cM86hAsjR6UjTVhnoSDtBNKQxJtAwpS0/view
Peraturan Pemerintah. (2017). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. In Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Bisnis (Vol. 2, Issue 1, pp. 39–45). https://doi.org/10.24967/ekombis.v2i1.48
Ramadhan, A. (2018). Aplikasi Pengkualifikasian New Teacher Qualified (NTQ) dengan Rule Based Classification Method Guru Teknik Informatika Sumatera Barat. Repository Universitas Negeri Padang. http://repository.unp.ac.id/26856/
Richardo, R. (2016). PROGRAM GURU PEMBELAJAR: UPAYA PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU DI ABAD 21. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, November, 777–785. file:///C:/Users/SYERLIE ANNISA/Downloads/10905-22918-1-SM.pdf
Rodiyansyah, S. F. (2015). Algoritma Apriori untuk Analisis Keranjang Belanja pada Data Transaksi Penjualan. Infotech, 1(1), 36–39. http://jurnal.unma.ac.id/index.php/infotech/article/view/42
Santiyadnya, N. (2011). IMPLEMENTASI UJI KOMPETENSI DAN PENGARUHNYA TERHADAP KUALITAS LULUSAN SMK NEGERI BIDANG TEKNOLOGI DI PROVINSI BALI. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan (JPTK), 8(1), 1–16. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPTK/article/view/2889
Sayekti, W. N. L. (2019). Kontribusi Uji Kompetensi Guru, Motivasi Berprestasi, Pengalaman Mengajar Terhadap Kompetensi Profesional Guru. Media Manajemen Pendidikan, 2(1), 123–130. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/mmp/article/view/4071/2189
Suryani, P. S. M., Linawati, L., & Saputra, K. O. (2019). Penggunaan Metode Naïve Bayes Classifier pada Analisis Sentimen Facebook Berbahasa Indonesia. Majalah Ilmiah Teknologi Elektro, 18(1), 145. https://doi.org/10.24843/mite.2019.v18i01.p22
Widodo, P. (2014). RULE-BASED CLASSIFIER UNTUK MENDETEKSI PENYAKIT LIVER. Bianglala Informatika, II(1), 71–80. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/Bianglala/article/view/563
Published
2022-12-06
How to Cite
Ramadhan, A., Huda, A., Syerlie Annisa, & Efendi, I. (2022). Perancangan Rule-Based Classification bagi Guru Baru Teknik Informatika. SATIN - Sains Dan Teknologi Informasi, 8(2), 142-151. https://doi.org/10.33372/stn.v8i2.919