Alat Sensor Analisis Tracking Area Parkir Mobil Berbasis Internet of Things

  • Sukri Universitas Abdurrab
  • Salamun Universitas Abdurrab
  • Syaugie Untarya Universitas Abdurrab
Keywords: Parkir, IoT Perparkiran, Pencarian, Slot Parkir

Abstract

Penyusunan tempat parkir yang memadai di pusat- pusat pergerakan bisnis (pusat perbelanjaan) umumnya merupakan lahan bertingkat, sedangkan untuk kantor pemerintahan dan klinik biasanya masih berupa lahan datar karena aksesibilitas lahan yang sangat besar. Isu yang muncul merupakan isu mencari ataupun mengikuti garasi parkir yang kosong dimana mobil akan berputar- putar ataupun ke mana- mana mencari garasi parkir yang kosong. Meskipun Internet of Things (IoT) telah universal dibicarakan oleh orang, banyak orang yang sesungguhnya tidak mengenalnya, definisi standar sesungguhnya tidak terdapat. Sementara itu pada dasarnya bisa digambarkan dimana artikel (objek) di sekitar kita yang dapat saling berbicara lewat organisasi website. IoT mengacu pada bukti pembeda sesuatu benda (objek) yang secara lahiriah dijabarkan lewat organisasi kabel ataupun jarak jauh ke dunia maya (internet) dan kemudian ditangani menggunakan program aplikasi khusus untuk memperoleh informasi. Pengerjaan IoT tergantung pada kemauan para engineer termasuk produk yang dibuatnya. Siklus pembuktian yang dapat dikenali berakhir, secara khusus merancang fitur guna berperan dengan baik untuk membedakan bukaan penghentian kosong, dengan menghubungkannya ke sensor yang nantinya akan membaca dengan teliti keadaan ruang henti yang sedang diisi serta instrumen juga dapat menghitung jumlah akses yang dapat diakses. menghentikan bukaan. Analis juga akan membatasi kesalahan perangkat dalam meneliti objek dengan mengatur peralatan di bawah atau di atas kendaraan.

References

Andrean Kenji Armanto Hendrawan Pickerling C. 2020. “Sistem Tempat Parkir Terintegrasi Yang Dilengkapi Dengan Aplikasi Mobile Dan Mikrokontroller.” Journal Of Information System, Graphics, Hospitality And Technology 2: 22–29. Https://Jurnal.Istts.Ac.Id/Index.Php/Insight/Article/View/79.

Endah, Lorencia, Cahya Ningrum, And Bayu Firmanto. 2018. “Lorencia Endah Cahya Ningrum Bayu Firmanto.” 41(2): 119–29.

Erianto, Zulhegi, And Mardainis Mardainis. 2019. “Sistem Keamanan Pintu Ruangan Berbasis Mikrokontroler Atmega328 Dan Pattern Unlock Smartphone Android.” Satin - Sains Dan Teknologi Informasi 4(2): 41–48.

Hariyanto, Monica Sari, Aghus Sofwan, And Achmad Hidayatno. 2019. “Perancangan Sistem Penghitung Jumlah Kendaraan Pada Area Parkir Dengan Metode Background Subtraction Berbasis Internet Of Things.” Transient 7(3): 775.

Jana, Sar. 2019. “Modul Converter (Adc Dan Dac) Dengan Seven Segment Display.” Jurnal Informanika 5(1): 27. Http://Journal.Poltekanika.Ac.Id/Index.Php/Inf/Article/View/75/65.

Nur Qomaruddin, Moch, And Matlubul Khairi. 2019. “Real Time Clock Sebagai Tracking Sinar Matahari Pada Solar Cell Berbasis Mikrokontroler Untuk Lampu Taman (Real Watch Tracking As A Sun Ray On Microcontroller Based Solar Cells For Park Lights).” Jeee-U (Journal Of Electrical And Electronic Engineering-Umsida) 3(2): 305.

Pratama, Rendy Bagus. 2018. “Penerapan Metode Eigenface Pada Sistem Parkir.” Jurnal Disprotek 9: 86–96.

Putu Mery Astuti, Desak Et Al. 2019. “Analisis Efektivitas Penggunaan Sistem E-Parking Dalam Pembayaran Retribusi Parkir Di Kabupaten Tabanan.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Universitas Pendidikan Ganesha 10(3): 2614–1930.

Salamun, Sukri, Luluk Elvitaria, And Liza Trisnawati. 2020. “Quick Response Code Untuk Monitoring Kehadiran Kuliah Dosen.” Satin - Sains Dan Teknologi Informasi 6(1): 53–61.

Satriadi, Arifaldy, Wahyudi, And Yuli Christiyono. 2019. “Perangcangan Home Automation Berbasis Nodemcu.” Transient 8(1): 2685–0206. Https://Ejournal3.Undip.Ac.Id/Index.Php/Transient.

Sholikhin, Riyadlus, And Sri Wiwoho Mudjanarko. 2017. “Analisis Karakteristik Parkir Di Satuan Ruang Parkir Pasar Larangan Sidoarjo.” Teknika: Engineering And Sains Journal 1(2): 145.

Udin, Turahyo, And Arief Muliawan. 2018. “Perancangan Prototipe Sistem Monitoring Parkir Berbasis Mikrokontroler Arduino Nano.” Snitt-Politeknik Negeri Balikpapan: 299–308. Https://Jurnal.Poltekba.Ac.Id/Index.Php/Prosiding/Article/Download/609/415.

Wirajaya, Mohamad Rizky, Syahrir Abdussamad, And Iskandar Zulkarnain Nasibu. 2020. “Rancang Bangun Mesin Penetas Telur Otomatis Menggunakan Mikrokontroler Arduino Uno.” Jambura Journal Of Electrical And Electronics Engineering 2(1): 24–29.

Yermadona, Helga, And Mira Meilisa. 2020. “Pengaruh Aktivitas Pasar Terhadap Arus Lalu Lintas (Studi Kasus Pasar Baso Kabupaten Agam).” Rang Teknik Journal 3(1): 75–82.

Zanofa, Arief Pratama, Ristiandika Arrahman, Muhammad Bakri, And Arief Budiman. 2020. “Pintu Gerbang Otomatis Berbasis Mikrokontroler Arduino Uno R3.” Jurnal Teknik Dan Sistem Komputer 1(1): 22–27.

Published
2022-12-20
How to Cite
Sukri, Salamun, & Syaugie Untarya. (2022). Alat Sensor Analisis Tracking Area Parkir Mobil Berbasis Internet of Things. SATIN - Sains Dan Teknologi Informasi, 8(2), 208-218. https://doi.org/10.33372/stn.v8i2.926