Optimalisasi Sistem Informasi Personel dengan Menggunakan Internet of Things dalam Rangka Mendukung Tugas TNI AL

  • Wahyu Eka Suryawan Sekolah Staf Komando TNI AL
  • Marthin Luther Ginting Sekolah Staf Komando TNI AL
Keywords: Optimalisasi Sistem Informasi Personel Internet of Things TNI AL

Abstract

Kondisi pemanfaatan IoT pada sistem informasi personel saat ini sangat penting dalam meningkatkan kinerja organisasi, termasuk bagi TNI AL agar dapat melaksanakan tugas secara optimal. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kondisi Internet of Things TNI AL saat ini dan faktor-faktor yang mempengaruhi Internet of Things TNI AL saat ini. Metode dalam penulisan ini menggunakan metode deduktif sedangkan pendekatan yang digunakan adalah kepustakaan dan pengalaman kedinasan dengan pemecahan masalah menggunakan aplikasi teori. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian kesimpulan bahwa: (a) kondisi Internet of Things yang dimiliki oleh TNI AL saat ini adalah masih terbatas karena pengolahan yang dilakukan secara manual menggunakan peralatan komputer; (b) faktor-faktor yang mempengaruhi Internet of Things TNI AL meliputi faktor eksternal dan faktor internal yang sangat penting dan strategis dalam peningkatan kinerja dan mendukung tugas TNI AL.  Faktor paling dominan adalah tidak adanya SDM khusus yang menanangani bidang TI beserta perangkat kelengkapannya, sehingga ada ketergantungan pada pihak ketiga yang telah membuat aplikasi Sipers TNI AL dalam pelaksanaan update dan upgrade sistem serta aplikasinya.

References

Al, H. B.-M. (2019). Defence Management: An Introduction . Geneva: Procon Ltd.

Bodnar, G. H. (2004). Bodnar, George H, Dan William S Hopwood. ” Sistem Informasi Akuntansi”, Edisi Sembilan, Terjemahan Julianto Agung Saputra . Yogyakarta: Andi.

Https://Www.Indonesia.Go.Id/Narasi/Indonesia-Dalam-Angka/Ekonomi/Indonesia-Poros-Maritim-Dunia, “. P. (2012, 9 15). “Indonesia Poros Maritim Dunia” Https://Www.Indonesia.Go.Id/Narasi/Indonesia-Dalam-Angka/Ekonomi/Indonesia-Poros-Maritim-Dunia. Diambil Kembali Dari “Indonesia.

Madakam, S. R. (3(05), 2015). Internet Of Things (Iot): A Literature Review. Journal Of Computer And Communications, 164.

O’brien, J. A. (2010). Pengantar Sistem Informasi, Perspektif Bisnis Dan Manajerial. Jakarta: Salemba Empat.

Pristiyadi, B. (Volume 3 Nomor 4, Oktober 2018.). Pengaruh Motivasi Kerja, Kepemimpinan, Pendidikan, Dan Pelatihan, Serta Kepuasan Kerja Terhadap Konerja Karyawan Tetap Di Rumah Sakit Graha Husada. Jurnal Umg, 50-62.

Ramadan, W. (2015, 06 11). Https://Wahyuramadhanbjb.Wordpress.Com/2015/06/11/Perkembangan-Dan-Kemajuan-Ti-Secara-Umum/ . Diambil Kembali Dari Https://Wahyuramadhanbjb.Wordpress.Com/2015/06/11/Perkembangan-Dan-Kemajuan-Ti-Secara-Umum/

Wibowo. (2007). Manajemen Kinerja. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Wiradi, G. (2002). Analitik Sosial. Jakarta: Kompas.

Yang, C. S. (2016). Applications Of Internet Of Things In Manufacturing. . Cscwd , 670–675.

Published
2023-06-09
How to Cite
Suryawan, W. E., & Marthin Luther Ginting. (2023). Optimalisasi Sistem Informasi Personel dengan Menggunakan Internet of Things dalam Rangka Mendukung Tugas TNI AL. SATIN - Sains Dan Teknologi Informasi, 9(1), 93-106. https://doi.org/10.33372/stn.v9i1.956