Desain Enterprise Architecture untuk Taman Hiburan di Indonesia dengan Archimate

  • Viktor Gunawan Universitas Pradita
  • Richardus Eko Indrajit Universitas Pradita
  • Erick Dazki Universitas Pradita
Keywords: Enterprise Architect Taman Hiburan Business Model Canvas Archimate Arsitekstur aplikasi Arsitektur data Arsitektur teknologi

Abstract

Taman hiburan perlu untuk mereview kembali strategi bisnisnya untuk dapat beradaptasi di masa new normal ini, dengan cara mengexplore kembali core business perusahaan, memperkuat kerjasama dengan business partner dan supplier, memperluas segmentasi market, dan mengeksplorasi teknologi untuk dapat memberikan layanan baru. Penelitian ini merupakan desain Enterprise Architect pada bisnis taman hiburan yang berisi arsitektur bisnis yang digambarkan dengan business model canvas, desain arsitektur informasi, aplikasi dan teknologi. Metodologi penelitian kualitatif dilakukan dengan cara studi literature terhadap data sekunder, dan Archimate  digunakan untuk memvisualisasi desain. Penggambaran Enterprise Architecture taman hiburan dengan menggunakan archimate menjelaskan dengan terstruktur bagaimana strategi bisnis yang tertuang didalam arsitektur bisnis , ke layer – layer lainnya. Sehingga tujuan perusahaan misalnya dalam meningkatkan pendapatan atau layanan kepada pengunjung, dapat divisualisasikan  kedalam proses bisnisnya  seperti proses yang terkait dengan pembelian tiket, pembelian merchandise, hotel dan akomodasi, dapat divisualiassikan dengan jelas kedalam arsitektur aplikasi, arsitektur data dan arsitektur teknologinya. Hal ini akan mempermudah setiap bagian di perusahaan untuk memahami bagaimana mencapai tujuan – tujuan dari perusahaan.

References

Bakelaar, R., & Roubtsova, E. (2016). Visualization Of Changes In Archimate Within The Application And Technology Layers. Bmsd 2016 - Proceedings Of The 6th International Symposium On Business Modeling And Software Design, January, 114–123.Https://Doi.Org/10.5220/0006222801140123

Dwinarendra, A., Rahardjo, P., & Bela, P. A. (2020). Strategi Meningkatkan Jumlah Pengunjung Wisata Taman Buaya Tanjung Pasir. Jurnal Sains, Teknologi, Urban, Perancangan, Arsitektur (Stupa), 2(2),2483.Https://Doi.Org/10.24912/Stupa.V2i2.8875

Fisher, G., Wisneski, J. E., & Bakker, R. M. (2020). Business Model Canvas. Strategy In 3d, November 2019, 174–184.Https://Doi.Org/10.1093/Oso/9780190081478.003.0019

Gunadi, M. A., Pramitha, A. R., & Rusli, M. (2015). Development Of Cultural Tourism Product In Taman Mini Indonesia Indah. Journal Of Business On Hospitality And Tourism, 1(1), 17. Https://Doi.Org/10.22334/Jbhost.V1i1.2

Heijster, M. Van. (2007). Enterprise Architecture: Problems And Potentials Of Archimate. Informatica, July.

Kotusev, S. (2016). Enterprise Architecture Is Not Togaf. Bcs, 6(January), 1–3. Http://Www.Bcs.Org/Content/Conwebdoc/55547

Kusumaningrum, D. A., Sahid, P., Hurdawaty, R., & Sahid, P. (2021). Dufan ( Dunia Fantasi ) Ancol Di Era Pandemi Covid-19 : Dufan ( Dunia Fantasi ) Ancol In Pandemi Covid-19 Era Dufan ( Dunia Fantasi ) Ancol Di Era Pandemi Covid-19 ( Dufan ( Dunia Fantasi ) Ancol In Pandemi Covid-19 Era).August.Https://Doi.Org/10.32659/Tsj.V6i2.133

Nirwan, N., & Fernandes Andry, J. (2019). Pemodelan Sistem Informasi Order Fullfillment Pada Perusahaan Diesel Menggunakan Enterprise Architecture Planning Archimate. Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan It, 4(2),135–140. Https://Doi.Org/10.30591/Jpit.V4i2.1329

Pérez-Castillo, R., Delgado, A., Ruiz, F., Bacigalupe, V., & Piattini, M. (2021). A Method For Transforming Knowledge Discovery Metamodel To Archimate Models. Software And Systems Modeling, 0123456789. Https://Doi.Org/10.1007/S10270-021-00912-Y

Salomon, L. L., Saryatmo, M. A., & Meliana, S. (2017). Pengaruh Dimensi Kualitas Terhadap Kepuasan Pelanggan Dunia Fantasi Pt. Pja. Jurnal Ilmiah Teknik Industri,3(1). Https://Doi.Org/10.24912/Jitiuntar.V3i1.507

Trisnadoli, Anggy, Et Al. "Rekayasa Kebutuhan Kualitas Perangkat Lunak Untuk Peningkatan Nilai Kualitas Game Edukasi Berbasis Mobile Dengan Tema Pariwisata." Sains Dan Teknologi Informasi, Vol. 4, No. 2, 2018, Pp. 31-35, Doi:10.33372/Stn.V4i2.390.

Website Kompas Diakses Pada Agustus 2021, Https://Money.Kompas.Com/Read/2021/01/22/090554926/Jumlah-Penduduk-Indonesia-Terkini-Mencapai-27134-Juta?Page=All

Yu, F. C., Lee, P. C., Ku, P. H., & Wang, S. S. (2018). A Theme Park Tourist Service System With A Personalized Recommendation Strategy. Applied Sciences (Switzerland), 8(10). Https://Doi.Org/10.3390/App8101745.

Published
2021-12-16
How to Cite
Gunawan, V., Indrajit, R. E., & Dazki, E. (2021). Desain Enterprise Architecture untuk Taman Hiburan di Indonesia dengan Archimate. SATIN - Sains Dan Teknologi Informasi, 7(2), 102-112. https://doi.org/10.33372/stn.v7i2.742