Pengaruh Komponen Ekosistem E-commerce dan Data Privacy Awareness Terhadap Pengguna E-marketplace

  • Viktor Gunawan Universitas Pradita
  • Richardus Eko Indrajit Universitas Pradita
  • Erick Dazki Universitas Pradita
Keywords: Ekosistem E-commerce E-marketplace Data Privacy Marketing Communication Shipping /Logistics Payment

Abstract

Perkembangan ekosistem ecommerce di Indonesia yang pesat menjadi daya tarik bagi pengusaha – pengusaha startup untuk terus berinovasi mengembangkan businessnya di tanah air.  Penelitian sebelumnya pada e-marketplace yang menuliskan bahwa  berbagai komponen ekosistem e-commerce, seperti logistics, payment,  supplier, marketing, dan lain lain, semuanya memainkan peran penting dalam memfasilitasi transaksi e-marketplace. Untuk mengetahui apakah ada pengaruh dari komponen ekosistem e-commerce terhadap emarketplace, penulis melakukan survey kepada pengguna e-marketplace. Untuk memahami daya tarik ini, penulis melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara komponen ekosistem ecommerce dengan salah satu bisnis ecommerce, yaitu emarketplace. Hasil peneltian menemukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara komponen ekosistem ecommerce yang terdiri dari marketing, communication, shipping/logistics dan payment juga data privacy awareness terhadap pengguna emarketplace  di Indonesia.

References

Aladalah, Mohammed; Cheung, Y En; And Lee, Vincent C.S. (2014). Towards Sustainability Of E-Marketplaces, Pacis Proceedings. 294.

Bido , Diogenes De Souza. Da Silva , Dirceu. (2019). Smartpls3: Specification, Estimation , Evaluation And Reporting. Article In Administração Ensino E Pesquisa.

Cheah, Jun-Hwa. Thurasamy, Ramayah. Memon, Mumtaz Ali. Chuah , Francis. Ting , Hiram. (2020). Multigroup Analysis Using Smartpls: Step-By-Step Guidelines For Business Research, Asian Journal Of Business Research, Volume 10, Issue 3.

Chudasama, Dhaval. Dand, Parshwa. Patel, Kathan. (2020). Awareness Of Data Privacy Breach In Society , International Journal Of All Research Education And Scientific Methods (Ijaresm), Volume 8, Issue 10.

Ghenniwa, Hamada H. Huhns, Michael N. (2014). Intelligent Enterprise Integration:E-Marketplace Model.

Lai,R And Chen, C (2020) . The E-Commerce Ecosystem And Its Impact On E-Marketplaces: A Review And Research Agenda. Journal Of Electronic Commerce, Volume: 21 Issue: 4 Pages: 288-310

Melati, Karina Rima Dan Dewi S.P, Nur Komala. (2019). Integrated E-Commerce Ecosystem In China And Indonesia’s Giant Market, Advances In Social Science, Education And Humanities Research, Volume 423.

Moore, James F. (2005). Business Ecosystems And The View From The Firm, The Antitrust Bulletin/Fall.

Ramadorai, T Arun. (2019). The Market For Data Privacy, Article In Ssrn Electronic Journal.

Setiaman, Sobur. (2020). Analisa Parsial Model Persamaan Struktural Dengan Software Smart-Pls Versi 3.

Yunianto, Era Dan Wibowo, Ari Putra. (2021). Implementasi Metode Ahp Dan Moora Untuk Pemeringkatan E-Marketplace Indonesia Tahun 2020, Kuartal Kedua, Jurnal Instek (Informasi Sains Dan Teknologi).

Eiq Original Research, Research & Insights (2020) E-Commerce Asia Website [Online]. Available: Https://E-Commerceiq.Asia/Indonesia-E-Commerce-Landscape-E-Commerceiq

Iqbal, Muh. (2021) Cnbc Website [Online]. Available: Https://Www.Cnbcindonesia.Com/Tech/20210421232912-37-239796/Bukan-Shopee-Ini-Juara-E-Marketplace-Ri-Di-Kuartal-I-20213

Smarpls Website [Online]. (2020) Available: sHttps://Www.Smartpls.Com/.

Undang-Undang (Uu) Nomor 27 Tahun 2022 Pelindungan Data Pribadi Https://Peraturan.Bpk.Go.Id/Home/Details/229798/Uu-No-27-Tahun-2022

Published
2023-06-03
How to Cite
Gunawan, V., Indrajit, R. E., & Dazki, E. (2023). Pengaruh Komponen Ekosistem E-commerce dan Data Privacy Awareness Terhadap Pengguna E-marketplace. SATIN - Sains Dan Teknologi Informasi, 9(1), 53-63. https://doi.org/10.33372/stn.v9i1.944