Analisis Kualitas Layanan Website Bukalapak Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode Webqual 4.0

  • Mia Rosmiati Universitas Bina Sarana Informatika
  • Fawaz Ali Universitas Nusa Mandiri
Keywords: Bukalapak, kualitas, layanan, website, webqual

Abstract

Pertumbuhan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang demikian pesat menjadikan website sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari sebuah perusahaan dalam hal kualitas layanan bagi pelanggan khususnya pada website Bukalapak.com. layanan yang baik menjadikan alasan konsumen lebih tertarik untuk berbelanja secara online, Dengan itu suatu website perlu diukur untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan. Dalam penelitian ini, kualitas website Bukalapak.com diukur dengan menggunakan metode Webqual 4.0. Webqual merupakan instrumen yang menilai kualitas suatu website. Responden dalam penelitian ini adalah pengguna website. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 45 responden. Data penelitian diperoleh dari hasil penyebaran kuisoner terhadap responden.Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan software SPSS versi 24.0 for windows.Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa secara simultan kualitas website berpengaruh terhadap kepuasan pengguna. Sedangkan secara parsial terdapat dua dimensi Webqual yaitu kualitas kegunaan (Usability) dan kualitas informasi (Information Quality) tidak mempengaruhi kepuasan pengguna secara signifikan. Dengan kata lain pada dimensi kualitas kegunaan (Usability) dan kualitas informasi (Information Quality) perlu ditingkatkan lagi.

References

Fauziah, D. N., & Wulandari, D. A. N. (2018). Pengukuran Kualitas Layanan Bukalapak.com Terhadap Kepuasan Konsumen dengan Metode Webqual 4.0. Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komputer, 3(2), 173–180.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hayat, C., & Simanjuntak, M. R. (2020). Pengukuran Kualitas Website Retail Fashion Urban Icon dengan Metode WebQual 4.0 dan E-S-Qual. SATIN - Sains Dan Teknologi Informasi, 6(2), 24–33. https://doi.org/10.33372/stn.v6i2.644

Ihsan, M. I. R., Rezki, M., & Alamsyah, D. P. (2020). Pengaruh Kualitas Website Pada Keputusan Pembelian Pada Situs Shopee Menggunakan Metode Webqual 4.0. Indonesian Journal on Computer and Information Technology, 4(1), 120. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ijcit/article/view/4990/pdf_1

Kristanto, V. H. (2018). Metodologi Penelitian Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI). Deeppublish.

Muhsin, Al., & Zuliestiana, D. A. (2017). Analisis Pengaruh Kualitas Website Terhadap Kepuasan Pengguna. 4(3), 2424–2433.

Mustopa, A., Agustiani, S., Wildah, S. K., & Maysaroh, M. (2020). Analisa Kepuasan Pengguna Website Layanan Akademik Kemahasiswaan (LYKAN) UBSI Menggunakan Metode Webqual 4.0. Jurnal Perspektif, 18(1), 75–81. https://doi.org/10.31294/jp.v18i1.7413

Sarwono, J. (2012). Metode Riset Skripsi Pendekatan Kuantitatif (Menggunakan Prosedur SPSS): Tuntunan Praktis dalam Menyusun Skripsi. Elex Media Komputindo.

Sugiono. (2017). Metode PenelitianKuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Syofian, S., Setiyaningsih, T., & Syamsiah, N. (2015). Otomatisasi Metode Penelitian Skala Likert Berbasis Web. November, 1–8.

Published
2021-12-01
How to Cite
Rosmiati, M., & Fawaz Ali. (2021). Analisis Kualitas Layanan Website Bukalapak Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode Webqual 4.0. SATIN - Sains Dan Teknologi Informasi, 7(2), 31-43. https://doi.org/10.33372/stn.v7i2.763