Analisis Penerimaan Aplikasi Shopee Pada Generasi Milenial Dengan Technology Acceptance Model

  • Mia Rosmiati Universitas Bina Sarana Informatika
  • Fandhilah Universitas Bina Sarana Informatika
  • Lusiana Zain Universitas Nusa Mandiri
Keywords: Aplikasi, E-Commerce, Mobile, Shopee, TAM

Abstract

Shopee merupakan e-commerce yang berbasis aplikasi mobile dan sedang berkembang di Indonesia. Sebagai salah satu aplikasi mobile terbesar di Indonesia, Shopee memberikan tawaran jual beli online yang menyenangkan, gratis dan terpercaya. Sebagai salah satu platform terbesar di Indonesia tidak sedikit juga pengguna aplikasi Shopee yang merasa kecewa dengan pelayanan yang disediakan pada aplikasi ini. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat penerimaan pengguna dalam berbelanja menggunakan aplikasi Shopee dengan menggunakan metode Technology Acceptance Model (TAM). Model pada penelitian ini menggunakan 5 variabel yaitu, perceived Ease Of Use, Perceived of Usefulness, Behavior Intention to Use, Actual System Usage dan Attitude Toward Using. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa perceived Ease of Use dari berpengaruh positif dan signifikan terhadap Perceived of Usefulness, perceived Ease of Use dan Attitude Toward Using menunjukkan hasil yang berpengaruh positif, Perceived Of Usefulness berpengaruh positif dan signifikan terhadap Attitude Toward Using, Attitude Toward Using berpengaruh signifikan positif terhadap Behavioral Intention to Use, Behavioral Intention To Use berpengaruh signifikan positif terhadap Actual System Usage. Secara umum penelitian ini menunjukan hasil yang cukup memuaskan. Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa penggunaan aplikasi Shopee sudah baik. Hal ini juga dapat ditunjukan dari minat pengguna terhadap aplikasi Shopee yang memberikan banyak tanggapan baik terhadap masing-masing variabel penelitian.

References

Anthony, L., & Sama, H. (2021). Studı Kualıtatıf Mengenaı Faktor Penerımaan Aplıkası E-Commerce Shopee Dan Fıntech Shopeepay Bagı Masyarakat Senıor. Journal Conference on Management, Business, Innovation, Education and Social Science, 1(1), 678–686.

Hidayat, T., & Canta, D. S. (2022). Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap Penerapan Aplikasi Tokopedia dengan Menggunakan Metode TAM. JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 9(2), 472–478. https://doi.org/10.30865/jurikom.v9i1.3846

Hutami, L. T. H., & Septyarini, E. (2018). INTENSI PENGGUNAAN ELECTRONIC WALLET GENERASI MILLENIAL PADA TIGA STARTUP “UNICORN” INDONESIA BERDASARKAN MODIFIKASI TAM. Jurnal Manajemen, 8(2), 136–145.

Mahendra, I., Septiany, N., & Informasi STMIK Nusa Mandiri Jakarta, S. (2018). Analisa Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Dalam Penggunaan Aplikasi Grab (Studi Kasus : Mahasiswa Stmik Nusa Mandiri Jakarta). Jurnal Ilmu Pengetahuan, 44(1), 9–16. http://www.nusamandiri.ac.id

Mirantika, N. (2022). Analisis Penerimaan Teknologi M-Commerce Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (TAM) Pada Penjualan Retail di Kabupaten Kuningan. Nuansa Informatika, 16(1), 161–171. https://doi.org/10.25134/nuansa.v16i1.5236

Prakosa, A., & Wintaka, D. J. (2020). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT PENGGUNAAN ULANG E-WALLET PADA GENERASI MILENIAL DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Bisman (Bisnis Dan Manajemen): The Journal Of Business and Management, 3, 275. https://doi.org/10.35393/1730-006-002-014

Putri, H. O., & Yusuf, B. (2019). Penerapan Metode Unified Theory of Acceptence and Use of Technology ( Utaut) Dalam Memprediksi Behavioral Intentions Pada Penggunaan E-Commerce Shopee Di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 10(2), 1–13.

Saputra, M. R., & Riyadi, S. (2017). Sistem Informasi Populasi dan Historikal Unit Alat-Alat Berat Pada PT . Daya Kobelco Construction Machinery Indonesia. Jurnal Peneltian Dosen FIKOM (UNDA, 6(2), 1–6.

Sugihartono, T., & Rendy, P. (2020). Analisis Kepuasan Pengguna Menggunakan Technology Acceptance Model pada Sistem Pelayanan Publik. SATIN - Sains Dan Teknologi Informasi, 06(2020), 96–105. https://doi.org/10.33372/stn.v6i2.651

Susanti, S., & Fitrami, S. (2021). Analisis Penerimaan Pengguna DANA Sebagai Media Pembayaran Pada Marketplace Lazada Menggunakan TAM. IJCIT (Indonesian Journal on Computer and Information Technology), 6(2), 111–117. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ijcit
Published
2022-06-27